News

Hercules Jadi Tenaga Ahli Perumda Pasar Jaya, Pemprov DKI: Bukan Urusan Gubernur

Hercules Jadi Tenaga Ahli Perumda Pasar Jaya

Rosario de Marshall atau yang lebih dikenal dengan nama Hercules diangkat jadi tenaga ahli di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik DKI Perumda Pasar Jaya. Hercules sendiri dikenal sebagai mantan preman Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kabar Hercules jadi tenaga ahli Perumda Pasar Jaya awalnya diungkap oleh M. Rifky alias Eki Pitung.

Eki juga menempati jabatan yang sama. Keduanya juga sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test.

Eki yang merupakan Wakil Ketua Badan Musyawarah Betawi menyampaikan dirinya dipanggil oleh BP BUMD DKI Jakarta dan sejak dua bulan lalu diusulkan jadi tenaga ahli Perumda Pasar Jaya.

Lihat Juga: Tanah Abang Disebut PDIP Makin Macet, Emang Iya?

Ia mengaku dirinya diminta bergabung di Perumda Pasa Jaya karena ada kekosongan jabatan. Dia menegaskan dirinya mengikuti prosedur dan mengirimkan berkas yang diperlukan ke BP BUMD lalu dilanjutkan menjalani uji kepatutan dan kelayakan.

Sementara itu, terkait penunjukkan Hercules jadi tenaga ahli Perumda Pasar Jaya, Eki mengaku mendapat informasinya dari Direktur Utama Perumda Pasar Jaya.

“Saya langsung konfirmasi ke dirut, ‘pak dirut emang Hercules diangkat juga,’ iya bang, gitu jawabnya, yang semuanya pakai fit and proper test sama juga kok bang.’ Ya udah saya pikir itu internal direksilah gitu,” ungkap Eki Pitung.

Pengangkatan Hercules Jadi Tenaga Ahli Perumda Pasar Jaya Kewenangan Direksi

Pemprov DKI Jakarta lewat Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) menilai penunjukkan Hercules jadi tenaga ahli Perumda Pasar Jaya merupakan kewenangan direksi.

“Untuk pengangkatan SDM atau pejabat di bawah direksi itu kewenangan direksi, bukan gubernur. Itu yang nunjuk kewenangan direksi. Saya BP BUMD aja nggak ada kewenangan kalau di bawah direksi,” jelas Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Riyadi, kepada awak media, Selasa (22/2/2022).

Lihat Juga: Pamer Macet Jakarta Turun, Politikus PDI Anggap Anies Lucu

Riyadi mengaku belum mendapat laporan dari Pasar Jaya soal pengangkatan Hercules menjadi tenaga ahli. Tetapi, ia menyampaikan selama dibutuhkan dan mengikuti proses yang sah, hal tersebut jadi kewenangan direksi Pasar Jaya.

Ia melanjutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya menunjuk jajaran direksi BUMD.

“Gubernur hanya angkat direksi, dewan komisaris atau dewan pengawas. Jadi nggak ada Gubernur angkat itu, pasti nggak ada SK Gubernur,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top