News

HET Minyak Goreng Kemasan Dicabut, Ini 3 Faktanya

HET Minyak Goreng Kemasan Dicabut, Ini 3 Faktanya

Pemerintah resmi mencabut harga eceran tertinggi atau HET minyak goreng kemasan. Pencabutan kebijakan ini dibuktikan dengan ditariknya Peraturan Menteri Perdagangan No 06 Tahun 2022 tentang HET Minyak Goreng. Berikut ini tiga faktanya.

Pencabutan HET Minyak Goreng Kemasan

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pemerintah secara resmi menarik peraturan HET untuk minyak goreng kemasan. Dalam aturan sebelumnya, HET untuk minyak goreng kemasan sederhana adalah Rp13.500 per liter sedangkan kemasan premium Rp14.000 per liter. Saat ini kebijakan tersebut sudah dicabut.

Lihat Juga: Mendag Cabut HET Minyak Goreng Kemasan, Curah Rp14.000

“Menyikapi perkembangan situasi minyak goreng. Sesuai arahan Presiden, Kementerian Perdagangan per 16 Maret 2022 menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 11 tahun 2022 yang mencabut ketentuan HET Permendag Nomor 06 tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng,” jelas Lutfi terkait HET minyak goreng kemasan dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (17/3/2022).

HET Minyak Goreng Curah Terbaru

Sementara itu, kebijakan baru untuk minyak goreng curah yaitu harus dijual Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per Kg. Lutfi mengatakan, bagi pedagang wajib menjual minyak goreng curah sesuai harga yang ditentukan. Harga tersebut adalah hasil subsidi dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Mendag Akui Kelangkaan Minyak Goreng

Lutfi juga mengakui adanya kelangkaan minyak goreng, terutama di tiga kota besar Indonesia, yaitu Medan (Sumatera Utara), Jakarta dan Surabaya (Jawa Timur).

Pertama, ia mencontohkan di Kota Medan, Sumatera Utara. Berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan antara 14-16 Februari 2016, distribusi minyak goreng di Kota Medan sebanyak 25 juta liter. Namun ketika ditelusuri secara langsung, Lutfi menyatakan minyak goreng di kota ini kosong.

“Rakyat medan ada 2,5 juta orang. Jadi satu orang ada mendapatkan 10 liter. Saya pergi ke kota Medan ke pasar, supermarket tidak ada minyak goreng,” kata Lutfi.

Lihat Juga: Imbas Minyak Goreng Langka, Ombudsman hingga KPK Akan Turun Tangan

Kota lain seperti Jakarta dan Surabaya (Jawa Timur) juga mengalami kelangkaan serupa. Menurut data, minyak goreng tercatat melimpah, tapi pada kenyataan di lapangan masyarakat kesulitan mendapatkannya karena stok di penjual kosong.

Itulah tiga fakta terkait pencabutan HET minyak goreng kemasan yang belakangan ini menjadi sorotan dan sempat menuai beragam reaksi dari banyak pihak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top