News

HMI Bakal Demo Jokowi, Ngabalin Bersuara, Singgung Nama Rocky Gerung

HMI Bakal Demo Jokowi, Ngabalin Bersuara, Singgung Nama Rocky Gerung

HMI pimpinan Ketua Umum Pj Abdul Muis Amiruddin bakal menggelar aksi demo terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6, 13 dan 16 Agustus 2021. Aksi demo itu didasari penilaian bahwa Jokowi gagal memenuhi hak-hak warga Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Tenaga Ahli Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin merespons rencana aksi demo itu. Ngabalin mengatakan semestinya HMI menjelaskan secara detail kegagalanan Jokowi yang dimaksud, bukan demo.

“Kalau dilihat dari posisi himpunan mahasiswa Islam Indonesia itu kan organisasi kader yang isinya teman-teman mahasiswa. Kalau HMI juga punya penilaian pemerintah ini gagal, maka yang harus dilakukan itu harus mengurai di mana kegagalan yang mereka maksud,” kata Ngabalin, Rabu (4/7/2021).

Ngabalin kemudian menyinggung soal penyebar hoaks, tukang nyinyir, pemfitnah dan pembenci. Menurut dia, langkah untuk menjelaskan kegagalan pemerintah secara detail dapat menunjukkan bahwa HMI derajatnya lebih tinggi dari penyebar hoaks dan kawan-kawan itu.

“Supaya pengurus besar HMI itu tidak sama derajatnya dengan para penyebat berita hoaks, atau seperti orang-orang yang karena sakit hati atau orang-orang yang benci, nyinyir, fitnah. Dia (HMI) harus uraikan (kegagalan Jokowi yang dimaksud) itu,” imbuhnya.

Ngabalin mengajak HMI berdialog terkait tuntutan yang hendak dilayangkan ketika demo. Dia meminta HMI mencontoh perilaku-perilaku baik dan bertanggung jawab.

“Mari kita dialog. Temang-teman HMI harus menciptakan kualitas insan sebagai masyarakat akademi yang memiliki kualifikasi, memiliki ilmu dan kemampuan intelektual dan background Islam yang kuat. HMI harus mencontohkan perilaku yang bertanggung jawab supaya mahasiswa yang baru masuk melihat kalau ini organisasi yang bisa bertanggung jawab,” terang Ngabalin.

Ngabalin Singgung Nama Rocky Gerung

Tenaga Ahli Staf Presiden itu lantas menyinggung nama Rocky Gerung dan Rizal Ramli. Ngabalin berharap HMI tidak seperti mereka yang acap kali menyudutkan pemerintah tanpa bukti yang jelas.

“Saya keberatan kalau HMI punya pandangan yang sama dengan orang-orang yang suka nyinyir. Bagaimana mungkin HMI punya pandangan yang sama dengan Rocky Gerung dan Rizal Ramli yang menyudutkan pemerintah itu gagal. HMI punya independensi yang lebih jauh berkualitas daripada mereka yang suka nyinyir,’ tegas Ngabalin.

Lebih lanjut, Ngabalin kemudian menyoroti potensi munculnya klaster baru Covid-19 jika rencana demo Jokowi itu digelar. Dia sekali lagi menekankan pentingnya untuk berdialog dalam menyampaikan aspirasi, bukan melalui demo.

“Sifat dasar HMI itu kan berdialog. Kita boleh ngomong. Jangan HMI membuat klaster baru demonstrasi, berkerumun kemudian nanti menimbulkan klaster baru dalam penyebaran virus Corona. Sudah terlalu banyak orang penting, senior kita di HMI pergi meninggal dunia karena Covid-19,” tutur dia.

HMI Bakal Demo Jokowi

Sebelumnya, Ketua Umum HMI Abdul Muis Amiruddin Pj menyatakan pihaknya akan menggelar aksi demo Jokowi selama tiga hari, yakni pada 6, 13 dan 16 Agustus 2021. Aksi demo itu didasari penilaian Jokowi gagal menangani pandemi Covid-19 dan memenuhi hak-hak warga selama masa sulit ini.

Muis menegaskan aksi demo yang bakal dilakukan kelompoknya itu bermaksud untuk mengingatkan Jokowi agar mengevaluasi kinerjanya.

“Kalau situasi begini terus siapa dong yang mau negur kekuasaan? Kan harus ada yang mengambil peran mengingatkan pemerintah agar negara ini diurus dengan benar,” kata Muis, Rabu (4/8/2021).

Muis menegaskan pihaknya selama ini gencar melayangkan kritikan terhadap pemerintah namun tidak pernah ada respons. Karena hal itu, HMI pimpinan Muis bakal menggelar aksi demo Jokowi selama tiga hari.

“Selama ini kita sering mengkritik via media dan lain-lain tapi tidak direspons. Pilihan ini adalah pilihan terakhir yang kami lakukan karena pilihan sebelumnya tidak direspons,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top