News

Hoaks! Dana Bantuan BPJS Rp 3.550.000

Hoaks! Dana Bantuan BPJS Rp 3.550.000

Beredar pesan di grup-grup WhatsApp mengenai bantuan Bantuan Sosial Finansial dari BPJS Kesehatan sebesar Rp 3.550.000. Selain WhatsApp, pesan tersebut juga tersebar di Facebook, disebutkan bahwa adanya dana bantuan BPJS.

Pesan tersebut berisi bahwa bantuan itu diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada pekerja yang telah bekerja antara tahun 2000 hingga 2021. Bantuan tersebut bisa diperoleh melalui sebuah tautan yang tercantum dalam informasi tersebut.

Lihat Juga: BPJS Kesehatan Batal Naik, Sri Mulyani Galau

Mengutip dari laman kompas.com, melalui penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang beredar tersebut tidaklah benar alias hoaks. Informasi tersebut merupakan hoaks berulang karena sebelumnya juga pernah menyebar dan telah dibantah oleh BPJS Kesehatan.

Diketahui, informasi adanya dana bantuan BPJS sebesar Rp 3.550.000 tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook bernama Alan Bae. Sebelumnya, narasi serupa juga pernah beredar dan telah dibantah oleh pihak BPJS Kesehatan. Mengutip dari laman Kompas.com, (27/1/2021), M Iqbal Anas Ma’aruf, Kepala Humas BPJS Kesehatan memaastikan informasi adanya bantuan sosial financial dari BPJS Kesehatan sebesar Rp 3.550.000 tidaklah benar alias hoaks.

“Bisa kami pastikan itu hoaks, benar-benar hoaks,” kata Iqbal, saat dihubungi oleh Kompas.com, (27/1/2021) lalu.

Iqbal menuturkan, pihaknya tida pernah memberikan bantuan finansial kepada para peserta BPJS Kesehatan seperti yang dinarasikan dalam informasi yang beredar tersebut.

“BPJS Kesehatan tak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu,” ungkap Iqbal.

untuk mendapatkan informasi resmi soal BPJS Kesehatan, Iqbal mengimbau masyarakat supaya mengakses website resmi, nomor kontak resmi, maupun akun media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Lihat Juga: Kapan Sebaiknya Mendaftarkan Bayi ke BPJS Kesehatan?

“Seluruh informasi soal BPJS Kesehatan dapat diakses melalui care center 1500 400 ataupun akun media sosial resmi BPJS Kesehatan dan web resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id,” terang Iqbal.

Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa informasi yang beredar mengenai dana bantuan BPJS Kesehatan tersebut adalah palsu. Masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah mempercayai informasi yang datang dari situs tidak resmi.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top