News

Hotman Paris Hutapea Umumkan Keluar Peradi, Kini Pilih Gabung DPN Indonesia

Hotman Paris Hutapea Umumkan Keluar Peradi, Kini Pilih Gabung DPN Indonesia

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea keluar dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang dipimpin oleh Otto Hasibuan dan bergabung dengan Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia.

Presiden DPN Indonesia, Faizal Hadied, pun membenarkan kabar tersebut. ia mengatakan, Hotman Paris sangat yakin dan bangga dapat bergabung dengan DPN Indonesia.

“Hotman Paris merupakan salah satu ikon terbaik dunia hukum di Indonesia, dengan bergabungnya beliau di DPN Indonesia akan semakin memperkuat visi kami untuk menjadi salah satu organisasi advokat terbesar di Indonesia,” kata Faizal dikutip dari CNNIndonesia, Sabtu (16/4/2022).

Dia menjelaskan, DPN Indonesia adalah organisasi advokat yang dibentuk untuk berkontribusi dalam melahirkan advokat berkualitas dan andal. Faizal mengatakan, DPN Indonesia juga telah mendapat pengesahan surat keputusan pendirian dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Menurutnya, salah satu alasan Hotman bergabung adalah karena DPN Indonesia memiliki banyak anggota advokat muda.

“DPN Indonesia banyak diisi advokat muda dan lebih bergairah untuk mewarnai dunia hukum Indonesia,” ujarnya.

Lihat Juga: Otto Hasibuan dan Fredrich Mundur Dampingi Kasus Korupsi e-KTP Setya Novanto, Ini Alasannya

Faizal menyebut, sudah ribuan advokat yang bergabung dengan organisasi yang dipimpinnya itu. Ia juga menjelaskan bahwa ribuan advokat itu sudah dilantik dan melewati sejumlah tahapan formil sesuai Undang-undang Advokat, yaitu tahap Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), Ujian Profesi Advokat (UPA).

“Mereka berhak dilantik dan mengambil sumpah Advokat dan kemudian sudah bisa langsung untuk terjun ke dunia Advokat dan menangani perkara,” jelas Faizal.

Hotman Paris Umumkan Keluar dari Peradi

Sebelumnya, Hotman mengumumkan bahwa dirinya telah keluar dari Peradi. Pengacara asal Medan itu mengaku saat ini ia bergabung dengan organisasi advokat lainnya. Hal itu dia umumkan langsung melalui unggahan di akun Instagram miliknya, Jumat (15/4/2022).

“Pengumuman dari Hotman Paris, sehubungan dengan pemberitaan di media, bahwa Hotman sudah keluar sebagai anggota dari Peradi (yang dipimpin) Otto Hasibuan, jawaban saya adalah benar,” kata Hotman.

Lihat Juga: Otto Hasibuan Bertemu Setya Novanto Selama Dua Jam, Ini Pembicaraan Mereka

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa di Indonesia ada banyak organisasi advokat. Hotman juga menegaskan kalau setiap organisasi advokat yang sudah disahkan oleh Menkumham berhak memberikan kartu advokat.

Di akhir pernyataannya, Hotman Paris enggan menjelaskan kenapa dirinya keluar dari Peradi. Ia mengaku akan menjelaskan alasannya itu saat waktunya sudah tiba.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top