News

Imbas Minyak Goreng Langka, Ombudsman hingga KPK Akan Turun Tangan

Imbas Minyak Goreng Langka, Ombudsman hingga KPK Akan Turun Tangan

Minyak goreng langka terjadi di banyak wilayah, bahkan di sejumlah tempat masyarakat harus mengantre panjang demi mendapatkannya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan ada dua kemungkinan yang menyebabkan kelangkaan minyak goreng. Ia menduga ada pihak yang menimbun dan kemudian menjualnya ke luar negeri.

Selain itu, dia juga menduga terdapat kebocoran di sektor industri, dimana bahan pokok ini dijual tidak sesuai dengan harga patokan pemerintah.

"Hasil timbunan itu, bahkan dijual ke luar negeri dengan harga yang berlaku di tingkat global, ini sudah melanggar hukum," ujar Lutfi dalam keteranganya, Jumat (11/3/2022.

Lufti mengaku ironis melihat minyak goreng langka di Indonesia, pasalnya ketersedian yang dimiliki pemerintah mencukupi.

"Ini kita bicara seluruh Indonesia, 390 juta liter ini untuk seluruh Indonesia, per kemarin itu sudah 415 juta liter hanya dalam 20 hari," kata Mendag dalam kunjungannya di Pasar Kebayoran Lama, Rabu (9/3/2022).

Lihat Juga: Mulai 1 Februari Harga Minyak Goreng Eceran Rp11.500 Per Liter!

Polemik kelangkaan minyak goreng ini pun mendapat perhatian dari berbagai pihak. Termasuk ombudsman dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ombudsman Akan Panggil Mendag

Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika mengatakan sudah berkomunikasi dengan beberapa pihak, seperti Perusahaan Kelapa Sawit (CPO) sampai produsen. Ombudsman mencatat ada tiga hal terkait minyak goreng langka.

Pertama, seharusnya perusahaan CPO dan produsen bersatu supaya stok minyak goreng tidak terhambat.

Kedua, perlu meningkatkan fungsi pengawasan di rantai distribusi.

Ketiga, Ombudsman menyebut ada kebijakan Kemendag yang gagal mengatasi masalah minyak goreng ini, yaitu soal kemasan.

Lihat Juga: 2 Jenis Minyak Sehat, Baik Bagi Jantung hingga Bisa Bikin Umur Panjang Loh!

Sebab itu, pihaknya akan memanggil Kemendag untuk mengevaluasi kebijakan tersebut dengan harapan kebijakan yang diambil nantinya bisa lebih responsif.

Akibat Minyak Goreng Langka KPK Pun Turun Tangan

Bukan saja Ombudsman, KPK pun juga ikut memberikan tanggapannya. KPK akan ikut turun tangan untuk mengusut kelangkaan minyak goreng.

Ketua KPK Firli Bahuri menyebut pihaknya bakal mengusut adanya minyak goreng langka di pasaran ini. Ia juga menuturkan bahwa pihaknya telah membicarakan hal tersebut bersama Muhammad Lutfi dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top