News

Indonesia dan Korea Selatan Jalin Kerjasama Di Masa Pandemic

Indonesia dan Korea Selatan Jalin Kerjasama Di Masa Pandemic

Kerja sama Indonesia dan Korea Selatan di tengah pandemik Covid-19 terkait dengan pasokan kebutuhan medis merupakan bentuk kerja sama inovatif yang akan terus dikembangkan.

Demikian yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam webinar FPCI “Indonesia’s Foreign Policy in Addressing the Threat of Covid-19” pada Jumat (8/5). Retno menjelaskan, kerja sama Indonesia dan Korea Selatan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

“Korea Selatan memiliki bahan mentah dan investasi, Indonesia memiliki teknologi dan sumber daya manusia. Jadi pembicaraan pada saat itu adalah mengapa kita tidak satukan kapasitas satu sama lain bersama?” ujar Retno merujuk pada pembicaraan kerja sama antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Moon Jae-in pada Maret.

“Dan akhirnya kita melakukan kerja sama inovatif yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya,” ungkap Retno. Kerja sama inovatif itu, kata Retno, membuat kedua negara mampu memproduksi lebih banyak alat pelindung diri (APD) yang bisa memenuhi kebutuhan Korea Selatan dan Indonesia.

“Ketika kapasitas ini sudah pada tahap maksimum, kita berbagi dengan negara lain,” lanjut Retno. Selama ini, Korea Selatan sendiri memberikan dukungan untuk melawan Covid-19 kepada Indonesia senilai 556.142 dolar AS. Selain itu, perusahaan-perusahaan Korea Selatan juga ikut memberikan dukungan seperti masker hingga APD kepada Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top