News

Indonesia Termasuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Susi Pudjiastuti Gak Terima!

Negara Paling Miskin

Indonesia juga masih masuk dalam katagori negara paling miskin di dunia nomor 91 dari 100 negara yang dirilis.

Hingga saat ini, sejumlah negara di berbagai belahan dunia yang masih lepas dari belenggu kemiskinan. Bahkan, ternyata Indonesia juga masih masuk dalam katagori negara paling miskin di dunia nomor 91 dari 100 negara yang dirilis.

Indonesia masuk dalam daftar 100 negara paling miskin tersebut berdasarkan data yang dirilis oleh gfmag.com. Mengutip gfmag.com negara kesatuan republik Indonesia menjadi salah satu negara paling miskin nomor 91 pada tahun 2022.

Data ini diukur melalui produk domestik bruto (PDB) atau gross domestic product (GDP) dan purchasing power parity (PPP) atau keseimbangan kemampuan berbelanja. Untuk angka PDB dan PPP RI sebesar US$14.535.

Meski demikian masih ada kabar baiknya nih, di atas Indonesia, untuk kawasan Asia Tenggara masih ada Vietnam (82), Filipina (72), Kamboja (46), Myanmar (45) dan negara paling miskin untuk kawasan Asia Tenggara adalah Timor Leste (29).

Sebelumnya, Bank Dunia (World Bank) mengubah batas garis kemiskinan. Hal ini membuat 13 juta warga Indonesia yang sebelumnya masuk golongan menengah bawah menjadi jatuh miskin. Hal ini terungkap dalam laporan ‘East Asia and The Pacific Economic Update October 2022’.

Basis perhitungan terbaru ini mengacu pada keseimbangan kemampuan berbelanja pada 2017. Sementara, basis perhitungan yang lama adalah keseimbangan kemampuan berbelanja 2011.

Batas garis kemiskinan Bank Dunia tersebut tentu berbeda dengan yang menjadi acuan Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam basis perhitungan terbaru, Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

Dengan asumsi kurs Rp15.216 per dolar AS, maka garis kemiskinan ekstrem Bank Dunia adalah Rp32.812 per kapita per hari atau Rp984.360 per kapita per bulan.

Sementara itu, BPS mengartikan garis kemiskinan sebagai cerminan nilai rupiah pengeluaran minimum yang diperlukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya selama sebulan, baik kebutuhan makanan maupun non-makanan.

Garis kemiskinan terdiri dari garis kemiskinan makanan (GKM) dan garis kemiskinan non-makanan (GKNM).

Garis kemiskinan yang digunakan BPS pada Maret 2022 tercatat Rp505.469,00 per kapita per bulan dengan komposisi GKM sebesar Rp374.455,00 (74,08 persen) dan GKNM sebesar Rp131.014,00 (25,92 persen).

Jika mengacu pada World Population Review, Indonesia masuk dalam urutan ke-73 negara termiskin di dunia. Pendapatan nasional bruto RI tercatat US$3.870 per kapita pada 2020. Sementara, mengutip gfmag.com, Indonesia menjadi negara paling miskin nomor 91 di dunia pada 2022, mengutip CNN.

Susi Pudjiastuti Sindir ‘Indonesia Bukan Negara Paling Miskin ..’

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti merasa sedih dengan pengumuman yang menyebut Indonesia masuk 100 negara paling miskin versi World Population Review dan gfmag.com.

Menurut Susi, Indonesia bukan negara paling miskin tapi justru sangat kaya raya dan sumber daya alam yang melimpah ruah. Mulai dari batubara, nikel, emas, sawit, hingga kekayaan laut pun Indonesia memiliki itu semua.

Untuk itu, dia menilai bahwa Indonesia seharusnya masuk negara terkaya di dunia. Bukan justru sebaliknya masuk 100 besar negara termiskin di dunia.

“Yang benar RI negara terkaya. Batubara 5 besar di dunia, nikel terbesar di dunia, CPO nomor 2 di dunia, emas terkaya dari 5 negara di dunia. Pantai terpanjang nomor 2 di dunia dan terkaya lainnya 1-10,” kata Susi dalam cuitan akun Twitter pribadinya @susipudjiastuti dengan emote menangis, dikutip Jumat (1/10).

Baca Juga: 7 Surga Wisata Alam Indonesia. Apa Saja?

Kekayaan Alam Indonesia

  1. Hutan Terluas Ketiga di Dunia
    Hutan di wilayah Indonesia adalah hutan terluas ketiga di dunia. Luas hutan Indonesia sekitar 99 juta hektar yang membentang dari Indonesia bagian barat sampai bagian timur. Luasnya hutan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting sebagai penjaga keseimbangan alam di dunia.
  1. Pengekspor Gas alam Terbesar di Dunia
    Potensi gas alam di Indonesia sangat banyak. Diperkirakan cadangan gas alam Indonesia sekitar 2,8 triliun meter kubik. Jumlah itu tidak terlalu besar jika dibandingkan jumlah gas alam yang dihasilkan beberapa negara penghasil gas alam lainnya. Cadangan gas alam Indonesia hanya 1,5 persen dari cadangan gas alam dunia.
  1. Penghasil Batu bara Terbesar Ketiga di Dunia
    Indonesia adalah penghasil batu bara terbesar ketiga di dunia. Beberapa media internasional menyatakan tambang batu bara yang terbesar berada di Indonesia. Dengan produksi sebanyak 281,7 ton, Indonesia menempati peringkat ketiga penghasil batubara terbanyak di dunia setelah China dan Amerika Serikat. Indonesia juga menempati peringkat kedua eksportir batubara di dunia.
  1. Penghasil Emas Terbesar Ke-9 di Dunia
    Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki simpanan emas yang besar di dalam bumi. Kualitas emas Indonesia juga merupakan yang terbaik di dunia. Berdasarkan data dari US Geological Survey (USGS), pada tahun 2015, Indonesia merupakan penghasil emas terbesar ke-9 di dunia. Tiap tahunnya, Indonesia mampu memproduksi sebanyak 10 ton emas.

Jadi menurut kalian, Indonesia termasuk negara terkaya atau termiskin ya?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top