News

INFO GEMPA TERKINI: Gempa di Bayah Magnitudo 5,5 Terasa Hingga Jakarta

INFO GEMPA TERKINI: Gempa di Bayah Magnitudo 5,5 Terasa Hingga Jakarta

Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,5 terjadi di wilayah Bayah, Banten. Gempa di Bayah ini terjadi pukul 15.10 WIB pada, Jumat (4/2/2022). Getaran gempa juga terasa hingga Jakarta.

Dari hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di titik koordinat 7,48 Lintang Selatan (LS) dan 105,92 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa terletak di laut yaitu 77 kilometer barat daya Bayah, Banten. Sementara itu, kedalaman gempa diketahui berada di 10 kilometer. BMKG mengumumkan gempa di Bayah ini tak berpotensi tsunami.

Lihat Juga: Penyebab Gempa Banten yang Terasa Kuat Hingga Jakarta

Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Bayah

BMKG memberikan penjelasan terkait gempa bumi berkekuatan 5,5 Magnitudo yang mengguncang wilayah Bayah, Banten. Guncangan gempa yang juga terasa hingga DKI Jakarta ini menurut BMKG adalah jenis gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra Lempeng Indo-Australia," terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, lewat keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Selain DKI Jakarta, gempa bumi ini juga dirasakan di beberapa wilayah lainnya, termasuk Sukabumi hingga Rangkasbitung. Skala guncangan di setiap wilayah pun berbeda-beda.

Di Jakarta, Gempa yang berpusat di Bayah ini terasa dengan skala II MMI. Artinya getaran dirasakan oleh sejumlah orang dan membuat benda yang digantung bergoyang.

Lihat Juga: Jangan Panik! Ini Tips Hadapi Gempa yang Ampuh

Gempa di Bayah, Kabupaten Lebak, Banten ini pun sempat mengagetkan warga dan membuat masyarakat setempat berhamburan keluar bangunan. Namun, saat ini kondisi sudah kembali normal warga telah beraktivitas biasa.

Setelah gempa, karena BMKG mengumumkan kemungkinan adanya gempa susulan, BPBD pun meminta seluruh kepala desa untuk berkoordinasi jika hal yang tak diinginkan terjadi. BPBD juga mengimbau agar masyarakat yang berada di kawasan selatan untuk tetap waspada.

"Saran BMKG. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tutur BMKG.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top