News

Cara Akses info.gtk.kemdikbud.go.id, Begini Cara Pencairannya

bantuan subsidi upah

Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kembali program BSU (Bantuan Subsidi Upah) kepada sekitar 15 juta tenaga pendidikan sebesar 1,8 juta. Para penerima bantuan bisa mengakses info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbut.go.id sebagai situs info GTK yang ditetapkan sebagai pusat informasi bantuan oleh Kemendikbud.

Penerima bisa mengunduh SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) sebagai salah satu dokumen untuk melengkapi pencarian. Situs info GTK yang berada di laman info.gtk.kemdikbud.go.id dan pddikti.kemdikbud.go.id sendiri sedikit sulit diakses sejak diumumkan beberapa hari kemarin karena banyaknya pengunjung.

Apa Itu Program BSU?

Program BSU atau Bantuan Subsidi Upah merupakan implementasi dari pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Program ini juga untuk mendukung kebijakan keuangan negara guna penangan pandemi Covid 19 pada tahun 2020 ini.

Bantuan Subsidi Upah ini menjadi bagian dari stimulus pemerintah yang telah dibahas dan berkoordinasi dengan beberapa lembaga terkait yang menjadi Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. Rencana awal program ini ditujukan kepada 13,8 juta pekerja, namun akhirnya meningkat menjadi 15,7 juta pekerja dengan total anggaran Rp 37,7 triliun. Bantuan tersebut sebesar Rp 600.000 rupiah per bulan yang akan dicairkan setiap dua bulan sekali yaitu sebesar Rp 1,2 juta.

Syarat Penerima Bantuan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menerima bantuan tersebut, seperti:

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  2. Pekerja atau buruh penerima gaji dan terdaftar aktif sebagai peserta BPKJS ketenagakerjaan atau BPJamsostek yang dapat dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan
  3. Tercatat sebagai peserta aktif BPJamsostek atau BPJS ketenagakerjaan sampai Juni 2020. Pekerja atau buruh tersebut juga harus membayaran iuran secara yang dihitung berdasarkan gaji di bawah 5.000.000 rupiah. Jumlah tersebut sesuai dengan gaji yang dilaporkan oleh pemberi kerja dan tercatat di BPJamsostek atau BPJS ketenagakerjaan
  4. Memiliki rekening bank aktif

Nah, berikut ini beberapa cara untuk membuka laman info.gtk.kemdikbud.go.id dan pddikti.kemdikbud.go.id dengan lebih mudah dan stabil tanpa gangguan.

Akseslah info.gtk.kemdikbud.go.id Ketika Jam Malam Sampai Dini Hari

Jam malam sampai dini hari biasanya menjadi saat-saat paling sepi pengunjung atau jarang diakses orang. Anda bisa mulai membuka salah satu website pada jam-jam tersebut.

Pastikan Punya Koneksi Stabil

Selain tips pertama tersebut, untuk mengakses kedua situs GTK atau salah satunya, anda harus memiliki koneksi internet yang stabil. Percuma saja kan kalau koneksi anda tidak lancar atau lemot.

Gunakan Browser Reliable

Yang dimaksud dengan web browser realible ini adalah, browser yang sudah dipercaya dan teruji kualitasnya. Beberapa contoh web browser tersebut adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox. Dari beberapa pengalaman, kedua browser tersebut bisa menjalankan script-script khusus seperti javascript dengan baik dan handal. Selain itu, kedua browser di atas juga punya support center yang berjalan dengan baik.

Gunakan PC Atau Laptop Untuk Mengakses info.gtk.kemdikbud.go.id

Pengguna yang mengakses website info.gtk.kemdikbud.go.id dan pddikti.kemdikbud.go.id menggunakan HP mungkin akan lebih sulit untuk mengaksesnya. Untuk itulah sebaiknya anda menggunakan personal computer (PC) atau laptop.

Kenapa tidak disarankan untuk mengakses menggunakan HP? Hak itu dikarenakan adanya perbedaan kecepatan yang cukup signifikan. Komputer atau laptop memiliki komponen Graphics Processing Unit atau GPU yang juga berperan dalam menjalankan konten tersebut. Dan dapat dipastikan kalau GPU pada komputer atau laptop ini lebih baik daripada handphone. Itulah beberapa info tentang Bantuan Subsidi Upah yang seharusnya anda tahu.

To Top