News

Inggris Ikut Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin China

Inggris Ikut Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin China

Inggris ikut melakukan aksi boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin China. Sebelumnya tiga negara lain yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Australia telah lebih dulu menyatakan sikap.

“Akan ada boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin di Beijing. Diperkirakan tidak ada pejabat dan menteri yang hadir,” kata Perdana Menteri Inggris Borris Johnson, mengutip dari Reuters, Rabu (8/12/2021).

Johnson menuturkan bahwa biasanya dirinya memang tidak mendukung tindakan boikot. Tapi, Inggris memang tidak berencana untuk mengirimkan pejabatnya ke gelaran Olimpiade Musim Dingin akibat adanya dugaan pelanggaran HAM oleh China.

“Saya rasa boikot olahraga tak masuk akal dan itu tetap jadi kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Meski melakukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin China, namun Inggris tetap akan mengirimkan atletnya untuk bertanding di gelaran itu.

Lihat Juga: Mundur Dari Final Olimpiade Tokyo 2020, Simone Biles Utamakan Kesehatan Mental

Merespons rencana Inggris, China sendiri menyatakan bahwa pihaknya tidak mengundang jajaran pemerintahan Johnson.

“Membuat isu kehadiran pejabat di Olimpiade Musim Dingin Beijing merupakan esensi kampanye kotor politik,” ucap juru bicara kedutaan China di London.

Sebelumnya, Australia dan Kanada sudah lebih dulu mengumumkan boikot diplomatik atas perhelatan olahraga itu. Kedua negara itu mengikuti jejak Amerika Serikat yang telah mengumumkan boikot pada Senin, (6/12/2021)/

Negara-negara ini kompak melakukan aksi boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin China karena beberapa isu pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oleh China.

“Pemerintah Biden tidak akan mengirimkan perwakilan diplomatik ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022,” ujar Sekretaris Gedung Putih Jen Psaki, mengutip AFP.

“Mengingat genosida dan kejahatan atas kemanusiaan China yang tengah dilakukan di Xinjiang dan pelanggaran HAM lain,” lanjutnya.

Terkait pemboikotan ini, China memberikan peringatan keras untuk empat negara yang melakukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing. China menyatakan bahwa keempat negara tersebut akan menanggung akibat dari keputusannya itu,

Amerika Serikat, Australia, Inggris dan Kanada memakai Olimpiade untuk memanipulasi politik merupakan cara yang dibenci dan mengisolasi diri. Mereka akan membayar harga terkait kesalahan yang dibuat,” tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, menutip AFP, Kamis (9/12/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top