News

Ini kata Kejaksaan Agung Terkait Kemungkinan Penahanan Ahok

Ini kata Kejaksaan Agung Terkait Kemungkinan Penahanan Ahok

Beberapa kelompok masyarakat akan menuntut penahanan Ahok pada demo 2 Desember 2016 nanti. Berkas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok telah berada di Kejaksaan Agung.

Berkas perkara dugaan penistaan agama tersebut masih dalam tahap penelitian oleh Kejagung, sehingga pihaknya tidak memiliki kewenangan menahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Masih tahap penelitian, masih kewenangan Polri,” ujar M Rum Kapuspenkum Kejagung, (29/11).

Penahanan terhadap seseorang tersangka dapat dilakukan apabila berkas perkara sudah masuk ke tahap penutupan dimana tercantum dalam KUHAP.

Jaksa peneliti masih menelaah berkas yang telah diserahkan Bareskrim Polri. Saat ini Kejagung belum dapat menentukan sikap terkait berkas tersebut.

Penentuan sikap terkait berkas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok akan dilakukan Kejagung akan dilakukan paling lambat Esok pagi Rabu, 30 November 2016.

“Menentukan sikap paling lambat esok pagi. Kalian gambarkan sendiri aja. Saya tidak ngomong sudah memenuhi. Tapi sedang diteliti persyaratan formil dan materiel. Jangan diplintir-plintir. Intinya enggak ada intervensi,” ujar M Rum.

Dirinya menambahkan bahwa cepatnya proses penelitian kasus ini tidak berkaitan dengan demo 2 Desember.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top