News

Ini Pesan Penting Presiden Jokowi Di Upacara HUT TNI 2021

Ini Pesan Penting Presiden Jokowi Di Upacara HUT TNI 2021

Upacara HUT TNI 2021 selesai digelar di Istana Merdeka pada pagi tadi. Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara tersebut dan menyampaikan beberapa pesan penting pada peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-76, berikut rangkumannya.

Sigap Hadapi Ancaman Biologi-Terorisme

Pesan pertama yang disampaikan presiden adalah TNI harus sigap menghadapi segala ancaman.

“kesigapan TNI ini juga saya meminta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancama yang lebih besar seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan biologi termasuk juga bencana alam,” ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, presiden juga menekankan terkait transformasi pertahanan Tentara Nasional Indonesia. Jokowi ingin TNI kapabilitas pertahanan ditingkatkan sesuai perkembangan teknologi militer saat ini.

Lihat Juga: TNI AL Gagalkan Perompak Kapal Tanker di Perairan Batam

Beralih Dari Belanja Pertahanan Ke Investasi Pertahanan

Dalam sambutannya di upacara HUT TNI 2021, presiden menyampaikan pesan supaya paradigma belanja pertahanan diubah jadi investasi pertahanan. Di lain sisi, Presiden Joko Widodo menyampaikan terkait modernisasi pertahanan yang dibarengi terobosan investasi pertahanan dan pengelolaan ekonomi.

“Saya tegaskan lagi kita harus beralih dari kebijakan belanja pertahanan jadi kebijakan investasi pertahanan yang berjangka panjang, dirancang sistematis dan berjalan dengan konsisten serta berkelanjutan,” kata Joko Widodo.

Upacara tersebut bukan saja untuk memperingati HUT TNI 2021, namun Jokowi meminta agar TNI aktif untuk berinovasi dalam teknologi militer. Dengan Begitu, presiden ingin RI bisa mandiri di bidang industri pertahanan.

Perang Melawan COVID-19 Yang Berlarut-larut

Penanganan COVID-19 juga turut menjadi sorotan Presiden Jokowi. Ia menjelaskan, upaya menanggulangi COVID-19 seperti perang yang berlarut-larut. Ia menilai hingga saat ini Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi virus Corona.

Lihat Juga: TNI AD Juara Umum Lomba Tembak AASAM 2016 di Australia

Ibarat perang yang berlarut-larut, melawan COVID-19 cukup menguras tenaga, pikiran hingga mental. Perang ini juga membutuhkan kecepatan sinergis dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dalam pesannya di upacara HUT TNI 2021, presiden menilai TNI berperan besar dalam penanganan pandemi ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top