News

Insiden Pesawat Batik Air Tabrak Garbarata Di Bali

Insiden Pesawat Batik Air Tabrak Garbarata Di Bali

Pesawat milik maskapai Batik Air ID-6506 awalnya telah mendarat sempurna di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Namun, pesawat tersebut secara mendadak maju lagi sampai akhirnya menabrak garbarata. Insiden tersebut terjadi pada hari Sabtu (22/5/3021).

Pada awalnya pesawat itu terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pesawat mendarat pukul 09.22 WITA. Saat itu, petugas telah siap-siap untuk menyambut kedatangan para penumpang pesawat.

LIhat Juga: Tips Naik Pesawat Untuk First Flight Aman dan Nyaman

Pesawat Tiba-tiba Maju Lagi

Taufan Yudhistira, Stakeholder Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuturkan, saat itu seluruh petugas sudah bersiap. Namun pesawat yang telah berhenti secara mendadak maju lagi.

“Semua telah bersiap, garbarata telah siap, marshalling telah siap dan pesawat juga sebetulnya telah berhenti. Namun mendadak pesawat itu maju sampai menabrak garbarata,” ujar Taufan seperti dikutip dari laman detikcom, Minggu (23/5/2021).

Penumpang Masih Di Dalam Pesawat Batik Air

Pesawat yang mengangkut 119 penumpang serta 4 awak tersebut masih berada di dalam pesawat saat kejadian tersebut terjadi. Taufan menerangkan, seluruh penumpang maupun kru pesawat dalam keadaan baik dan tak ada yang terluka. Hanya saja, akibat kejadian itu mesin sebelah kiri bagian atas pesawat jenis Airbus A320 tersebut mengalami robek.

Posisi Pesawat Telah Dipindahkan

Pesawat Batik Air yang mengalami kejadian tersebut belum diizinkan terbang hingga adanya hasil investigasi.

“Letak pesawat sekarang ini telah grounded, telah dipindah dari stand parkir A38 ke A44 untuk diinvestigasi. Jadi posisinya tetap di grounded belum dapat melakukan penerbangan sebelum investigasi keluar,” terang Taufan.

Lihat Juga: Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Hingga kini, Taufan belum mengetahui berapa orang yang diinvestigasi dalam peristiwa tersebut. Ia juga belum tahu apakah pihak maskapai pesawat Batik Air telah dimintai keterangan ataukah belum dalam kejadian itu. Karena, investigasi dilakukan sepenuhnya oleh otoritas bandara wilayah IV. Peristiwa yang baru pertama kali terjadi di Bandara Ngurah Rai ini masih belum diketahui penyebabnya.

To Top