News

Irjen Teddy Minahasa Ditangkap Terkait Narkoba, Kapolres dan Mantan Kapolsek Bukittinggi Ikut Terseret

Irjen Teddy Minahasa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan kronologi penangkapan Irjen Teddy Minahasa berawal darit terungkapnya kasus jaringan narkoba.

“Polda Metro melakukan pengungkapan terhadap jaringan peredaran narkoba, bermula dari laporan masyarakat diamankan tiga masyarakat sipil, dilakukan pengembangan ternyata melibatkan anggota polisi berpangkat Bripka dan anggota polisi Kompol jabatan kapolsek,” ungkap Listyo di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022).

Kasus ini kemudian dikembangkan hingga didapatkan informasi dari seorang pengedar dan anggota kepolisian berpangkat AKBP eks Kapolres Bukittinggi.

“Dari situ kita melihat ada keterlibatan Irjen TM. atas dasar hal tersebut kemarin saya minta Kadiv Propam untuk menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen TM,” kata dia.

Listyo melanjutkan, pada 14 Oktober pagi tim Polri telah melakukan gelar perkara guna menentukan status Teddy Minahasa. Dia menuturkan Teddy sudah diamankan dan di tempat khusus untuk selanjutnya diproses pidana. Usai ditetapkan sebagai tersangka, Teddy bakal dipindahkan ke Rutan Polda Metro Jaya.

Lihat Juga: Terbukti Positif Narkoba, Irjen Teddy Batal Jabat Kapolda Jatim

Listyo juga memastikan Polri akan secepatnya menerbitkan surat telegram baru mengenai pembatalan Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jawa Timur. Teddy sebelumnya ditunjuk menjadi Kapolda Jatim untuk menggantikan Irjen Nico Afinta. Penunjukkan tersebut tercantum dalam Surat Telegram Kapolri No: ST/2134 IX/KEP/2022.

“Akan saya keluarkan telegram pembatalan dan kami ganti dengan pejabat baru,” ujar Listyo.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengantongi sejumlah bukti mengenai dugaan keterlibatan Teddy dalam pengedaran narkoba. Meski begitu, Polri masih akan melakukan penyelidikan lebih mendalam.

Kapolsek dan Eks Kapolres Bukittinggi Diduga Terlibat Kasus Irjen Teddy Minahasa

Sebelumnya, Listyo mengungkapkan awalnya Polda Metro Jaya mengungkap jaringan jual beli narkoba. Saat itu, tiga oran masyarakat sipil diamankan.

“Dilakukan pengembangan ternyata mengarah dan melibatkan anggota polisi bripka (brigadir kepala) dan anggota polisi berpangkat kompol jabatan Kapolsek,” tuturnya.

Lihat Juga: Irjen Teddy Minahasa Putra, Kapolda Jatim Baru Ketum Klub Moge

Kata Listyo, laporan itu dikembangkan pada seorang pengedar yang kemudian mengarah ke mantan Kapolres Bukittinggi dengan pangkat AKBP (ajun komisaris besar polisi).

“Dari situ kita melihat ada keterlibatan Irjen TM. Atas dasar hal tersebut kemarin saya minta Kadiv propam untuk menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen TM,” jelasnya.

Listyo memerintahkan kasus dugaan keterlibatan Irjen Teddy Minahasa dan beberapa anggota Polri ini diusut secara pidana maupun etik. Selain itu, mereka juga terancam dipecat dari kepolisian.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top