News

Isu Reshuffle 15 Juni Menguat, Istana Beri Jawaban: Presiden Lebih Tahu Kebutuhan Kabinet

Reshuffle 15 Juni

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menanggapi soal isu reshuffle 15 Juni yang beredar. Pramono mengatakan usia pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah delapan tahun. Menurut dia, Jokowi tahu apa yang dibutuhkan pemerintahan.

“Yang jelas Presiden kan beliau sudah delapan tahun di pemerintahan ini. Beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini,” ujar Pramono terkait isu reshuffle 15 Juni di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Ia menuturkan masa pemerintahan Joko Widodo tinggal dua tahun lagi. Pramono menilai Jokowi bakal memutuskan dalam waktu yang singkat tersebut.

Meski begitu, Pramono tidak memastikan apakah isu reshuffle 15 Juni itu benar akan dilakukan. Ia mengembalikan keputusan pada presiden.

“Itu kewenangan sepenuhnya Presiden, mau kapan orangnya, dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa, presiden yang tahu,” jawabnya saat ditanya tentang reshuffle 15 Juni.

Lihat Juga: Reshuffle Kabinet, Siapa Menteri yang Bakal Terpental?

Sejak beberapa pekan terakhir isu reshuffle kabinet semakin menguat karena pernyataan Pratikno. Ia menyebut pemerintah perlu kedinamisan untuk menghadapi berbagai tantangan.

“Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit,” kata Pratikno di Kompleks Parlemen setelah rapat dengan Komisi II DPR, Kamis (2/6/2022).

PAN Sambut Baik Reshuffle 15 Juni

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Faisol Riza mengungkapkan mendengar isu Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle 15 Juni. Berdasarkan penanggalan Jawa, 15 Juni adalah hari Rabu Pahing.

“Sempat dengar,” kata Faisol Riza seperti mengutip dari detikcom, Selasa (7/6/2022).

Sebagai informasi, reshuffle kabinet yang sebelumnya pernah dilakukan Jokowi juga dilakukan pada hari Rabu.

Sementara Ketua DPP PAN Saleh Partaonan mengaku senang jika ada kader partainya menjadi menteri.

“Kalaupun misalnya ada isu-isu reshuffle kabinet yang katanya PAN akan dapat, tentu kami dengan senang hati untuk ikut bergabung di dalam kabinet,” ucap Saleh Partaonan Daulay kepada awak media, Minggu (12/6/2022).

Lihat Juga: Jokowi Tak Kunjung Reshuffle Kabinet, Apa Penyebabnya?

Ia mengklaim PAN memberikan dukungan kepada pemerintah tanpa syarat. Dirinya memastikan PAN bakal tetap memberikan dukungan hingga akhir masa pemerintahan Jokowi.

Lebih lanjut, terkait isu reshuffle 15 Juni, Saleh menyebut belum dapat memastikan posisi menteri yang akan didapatkan PAN. Yang pasti, kata Saleh, PAN akan mengirim kader terbaiknya untuk menempati posisi yang diminta Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top