News

Isu Reshuffle Kabinet Pada Akhir Maret Berembus Kencang, PAN Dikabarkan Dapat 'Jatah' Kursi Menteri

Isu Reshuffle Kabinet Pada Akhir Maret Berembus Kencang, PAN Dikabarkan Dapat 'Jatah' Kursi Menteri

Beredar isu perombakan kabinet alias reshuffle akan dilakukan pada akhir Maret 2022 nanti. Dalam isu reshuffle kabinet pada akhir Maret itu, PAN disebut akan masuk dalam kabinet.

Sesuai kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sebelum-sebelumnya, reshuffle selalu dilakukan pada Rabu Pon. Pada akhir bulan ini memang ada hari Rabu Pon, tepatnya pada 23 Maret.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyampaikan dirinya juga mendengar adanya kabar reshuffle kabinet pada akhir Maret. Tetapi ia belum tahu pasti tanggalnya.

"Dengar sayup-sayup sih, tapi pastinya belum tau karena itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi," kata dia kepada awak media, Selasa (8/3/2022).

Lihat Juga: Jokowi Tak Kunjung Reshuffle Kabinet, Apa Penyebabnya?

Politikus yang bisa dipanggil Awiek itu menyebut reshuffle adalah hak prerogratif presiden. Ia mengatakan Jokowi tahu parameter yang digunakan untuk mengevaluasi kabinetnya.

"Tentu presiden memiliki parameter-parameter tertentu dalam mengevaluasi kinerja kabinetnya, apakah itu kabinet di bidang ekonomi, politik, hukum, dan sebagainya tentu presiden memiliki parameter," ujarnya.

Reshuffle Kabinet Pada Akhir Maret, PAN Dapat Kursi Menteri

Sebelumnya, beredar kabar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sempat bertemu dengan Presiden beberapa waktu lalu. Ada pula kabar di media sosial yang menyebut akan ada partai mendapatkan kursi menteri dengan kode ‘Saudaraku’. Zulhas pun angkat bicara soal rumor tersebut.

"Tidak ada pertemuan, saya baru pulang dari Jateng konsolidasi selama 6 hari," kata dia kepada awak media, Senin (7/3/2022).

Perlu diketahui, rumor Jokowi dan Zulhas bertemu mulai tersebar sejak pekan lalu.

Mengenai kabar ‘Saudaraku’ akan mendapatkan kursi menteri, Zulhas juga membantahnya. Ia menekankan tak ada komunikasi soal reshuffle kaninet pada akhir Maret nanti. “Yes” ucapnya mengiyakan bahwa tidak ada pembicaraan terkait reshuffle kabinet yang melibatkan partainya.

PAN yang identik dengan sapaan Saudaraku, sejak pertengahan tahun lalu termasuk ke dalam koalisi parpol pendukung Jokowi. Namun, setelah masuk ke dalam koalisi Jokowi, PAN diketahui belum mendapat ‘jatah’ kursi menteri.

Lihat Juga: Isu Reshuffle Rabu Pon, Mumtaz Raiz Beberkan Kandidat Dari PAN

Wakil Ketua Umum PAN sekaligus juru bicara PAN, Viva Yoga, juga menampik kabar Zulhas bertemu dengan Jokowi untuk membahas reshuffle kabinet pada akhir Maret 2022. Viva memastikan PAN berkomitmen membantu pemerintahan Presiden Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top