News

Jadwal Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan, Jokowi: Dilaksanakan 14 Februari

Jadwal Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan, Jokowi: Dilaksanakan 14 Februari

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Pemilihan Umum (Pemilu) sudah jelas akan dilaksanakan pada 14 Februari. Sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar November 2024 mendatang. Jokowi pun meminta jajaran menterinya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa jadwal Pemilu 2024 telah ditetapkan.

“Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” ucap Jokowi dalam pengantar rapat persiapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 seperti diunggah oleh kanal YouTube Sekretariat Negara, Minggu (10/4/2022).

Jokowi menegaskan hal ini harus dijelaskan pada masyarakat agar tak muncul spekulasi yang menyebut pemerintah tengah berupaya menunda Pemilu atau memperpanjang masa jabatan presiden jadi tiga periode.

Pasalnya, jadwal Pemilu 2024 sudah jelas. Di sisi lain, tahapan Pemilu bakal dimulai pada pertengahan Juni nanti. Sebab, jelas Jokowi, menurut Undang-Undang tahapan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari H pelaksanaan.

“Ini perlu dijelaskan jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan Pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden atau yang berkaitan dengan soal tiga periode,” urai Jokowi.

Lihat Juga: Usulan Pemilu 2024 Ditunda, Pengkhianatan Terhadap Reformasi dan Demokrasi

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah meminta anggota kabinet Indonesia Maju untuk tak bicara soal penundaan Pemilu 2024. Ia meminta para menterinya untuk fokus menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi RI.

“Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai penundaan, perpanjangan,” tegas Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Beberapa hari terakhir usulan penundaan Pemilu mencuat. Beberapa partai seperti PAN, PKB dan Golkar menyatakan sepakat dengan penundaan Pemilu. Usulan ini pun mendapat kritik keras dari berbagai pihak.

Jadwal Pemilu 2024 Ditetapkan, Komisioner KPU dan Anggota Bawaslu Segera Dilantik

Menyusul kepastian jadwal Pemilu 2024 yang disampaikan Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih bakal dilantik pada Selasa (12/4/2022).

Hal ini ia sampaikan setelah melakukan rapat koordinasi terbatas terkait perkembangan kondisi politik dan keamanan dalam negeri pada Sabtu (9/4/2022) di Jakarta.

Lihat Juga: Mahfud Md Tegaskan Pemilu 14 Februari 2024, Sudah Disetujui Jokowi

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan, Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI, Kepala BIN, Kepala Staf Presiden dan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam keterangannya, Mahfud mengatakan salah satu yang menjadi pembahasan utama dalam rapat itu ialah rencana aksi demo BEM SI pada Senin (11/4/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top