News

Jakarta Resmi Masuk Kalender Formula E 2022, Sirkuitnya Masih Tanda Tanya

Jakarta Resmi Masuk Kalender Formula E 2022, Sirkuitnya Masih Tanda Tanya

FIA telah resmi menunjuk Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Formula E 2022. Tetapi hingga kini, lokasi balapan tersebut masih belum diketahui pasti. Balapan mobil listrik tersebut, menurut jadwal akan digelar pada 4 Juni 2022.

“Kejuaraan Dunia Formula E bakal turun ke jalanan Kota Jakarta untuk pertama kali pada 4 Juni 2022. Saksiksan balapan terkompetitif di dunia motor sport yang akan digelar di jalanan ibukota Jakarta,” tulis Formula E di informasi jadwal penyelenggaraan di Jakarta.

Meskipun telah dipastikan akan diselenggarakan, tetapi hingga kini belum ditentukan di mana arena balapan tersebut. Seperti diketahui, awalnya balpan akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Namun, karena kendala perizinan dari pemerintah pusat, akhirnya penyelenggara harus mengganti sirkuit ke lokasi lain untuk menggelar Formula E 2022.

Kisi-kisi Calon Sirkuit Formula E 2022

Lantas, apa yang menjadi kriteria yang harus dimiliki untuk calon lokasi sirkuit Formula E tahun depan? Direktur Utama JakPro Widi Amanasto awalnya menyampaikan sirkuit ajang balap mobil itu bukan hanya menampilkan ikon Ibu Kota. Namun juga harus menampilkan keseimbangan pembangunan kota dan kondisi lingkungan.

Lihat Juga: Tak Henti Jadi Sorotan, Kini Formula E Jakarta Batal Digelar Di Monas

“Kemajuan keseimbangan pembangunan fisik dan lingkungan,” ucap Widi seperti dikutip dari detikcom, Minggu (17/10/2021).

Lalu, Widi memaparkan Formula E adalah balap mobil listrik yang menurut klaimnya tidak akan menimbulkan pulusi maupun suara bising. Selain kontur jalan, Widi memastikan pembuatan sirkuit Formula E 2022 juga harus memperhatikan lingkungan.

“Formula E kendaraan balap tak menimbulkan polusi dan bising, jadi city race. Tetapi harus mempunyai kriteria jumlah dan tingkat kesulitan tikungan, kontur jalan dan concern environment diutamakan dengan menghindari penebangan pohon,” paparnya.

Widi menargetkan survey calon sirkuti Formula E segera dilakukan akhir Oktober. Nantinya, JakPro dan FEO akan menentukan lokasi venue sesuai kriteria yang telah ditentukan.

“Masih nunggu tim FEO akan datang, yang kira-kira akhir Oktober,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top