News

Jakarta Siaga Banjir Menjelang Imlek

Jakarta Siaga Banjir Menjelang Imlek

Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (24/1/2020) pagi, membuat sejumlah wilayah di Jakarta kembali tergenang. Ketinggian air yang menggenang sejumlah ruas jalan berkisar antara mencapai 15 cm hingga 70 cm.

Terdapat genangan cukup tinggi di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Genangan juga terlihat di Jalan Lapangan Banteng Utara, Jakarta Pusat.

BMKG mengingatkan warga untuk selalu waspada, karena diperkirakan hujan lebat masih akan mengguyur Ibu Kota.

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat pada pagi hari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga malam hari,” imbau BMKG.

BMKG juga memperingatkan beberapa daerah di luar Jakarta juga masih akan dilanda hujan sedang hingga lebat dalam beberapa jam ke depan.

Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pkl.14:10 WIB di Jati Uwung, Pasarkemis, Rajeg, Mauk, Sepatan, dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke wilayah Cikupa, Curug, Benda, Pakuhaji, Teluknaga, Kosambi, Tangerang, Batuceper, Balaraja, Kresek, Kronjo, Tigaraksa, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.15:30 WIB,” tulis BMKG di akun Twitter resminya.

Sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020 menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Pada periode 24-26 Januari 2020 hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi,Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kondisi yang sama juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top