News

Jaksa Pinangki Dibui Karena Korupsi, Tapi Ramai Disebut Masih Terima Gaji

Jaksa Pinangki Disebut Masih Terima Gaji

Jaksa Pinangki Sirna Malasari kembali menghebohkan publik. Setelah kabar dirinya belum dieksekusi redam, kini ia kembali membuat heboh karena disebut mendapat gaji dari Kejaksaan Agus dengan statusnya sebagai terpidana korupsi.

Kabar dirinya masih menerima gaji diungkap oleh MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia). MAKI menyebut Pinangki belum dicopot dan masih mendapat gaji sebagai PNS.

“Bahwa hingga saat ini belum dipecat dari PNS-nya. Saat ini seharusnya secepatnya diproses untuk dipecat secara tak hormat,” kata Boyamin Saiman, Koordinator MAKI, di tayangan Mata Najwa, Kamis (5/8/2021).

“Masih. Saat ini, satatusnya hanya nonaktif saja,” lanjutnya.

Karena statusnya yang masih jaksa nonaktif, Pinangki masih menerima gaji dari negara, padahal ia adalah terpidana kasus korupsi.

“Masih mendapat gaji dair negara memang benar. Itu secepatnya diberhentikan dengan tak hormat dalam rangka agar negara tak menggaji orang yang Namanya koruptor,” ujar Boyamin.

Baru Diproses Pemberhentian

Amir Yanto, Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas), menuturkan proses pemberhentian jaksa cantik itu masih diproses. Amir mengatakan pemberhentian akan dilakukan sesuai PP No 53 Thn 2010 terkait Disiplin PNS.

Dalam PP tersebut tertulis PNS dilarang menerima hadiah maupun suatu pemberian apa pun dari siapa pun yang berhubungan dengan jabatan atau pekerjaannya. Dalam PP tersebut diatur PNS yang melanggar ketentuan itu dapat dihukum berat sesuai Pasal 13 PP 53 Thn 2010.

“Proses pemberhentian. Ya sesuai peraturan PP 53 tahun 2010,” ucap Amir Yanto.

Selain itu, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kapuspen Kejagung, menuturkan pemberhentian Jaksa Pinangki bakal dilakukan secara tak hormat. Karena, Pinangki adalah terpidana kasus korupsi Djoko Tjandra.

“Dengan putusan itu sudah berkekuatan hukum tetap, jadi sekarang proses pemberhentian tak hormat sebagai PNS terhadap Dr Pinangki Sirna Malasari dalam tahap proses. Dalam waktu dekat bakal dikeluarkan Keputusan Pemberhentian Tak Dengan Hormat Sebagai PNS pada yang bersangkutan,” ujar Leonard.

Lihat Juga: Djoko Tjandra; Buron 11 Tahun, Surat Palsu dan Suap, Pidana Baru Menanti

Pinangki Tidak Lagi Menerima Gaji

Lebih lanjut, Leonard membantah kabar bahwa tersangka kasus korupsi itu masih mendapat gaji. Kejagung mengklaim Pinangki tidak lagi mendapat gaji sejak September 2020.

“Soal pemberitaan yang beredar kalau terdakwa masih mendapat gaji, bersama ini kami luruskan materi pemberitaan ‘tak benar’,” tegas Leonard.

“Kami sampaikan kalau gaji Pinangki Sirna Malasari sudah tak diterima sejak September 2020. Sementara tunjangan kinerja dan uang makan juga tak diterima lagi oleh yang bersangkutan sejak Agustus 2020,” terangnya.

Selain itu, Leonard juga mengungkapkan yang bersangkutan juga telah diberhentikan sementara dari jabatannya sebagai PNS dan tidak lagi berstatus sebagai jaksa.

“Perlu kami sampaikan kalau berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI No 164 thn 2020 tanggal 12 Agustus 2020, Pinangki Sirna Malasari sudah diberhentikan sementara dari jabatan PNS, dan otomatis dia tak lagi sebagai Jaksa,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top