News

Jangan Ketinggalan, Hari Ini Ada Konjungsi Tripel Bulan, Saturnus, Jupiter

Jangan Ketinggalan, Hari Ini Ada Konjungsi Tripel Bulan, Saturnus, Jupiter

Mulai malam ini, Selasa (6/4/2021) hingga tiga hari berikutnya, fenomena tripel konjungsi Bulan, Saturnus dan Jupiter akan menghiasi langit Indonesia. Berdasarkan keterangan resmi LAPAN, kesempatan untuk mengamati femomena langit ini yaitu di arah Timur-Tenggara di dekat konstelasi Capricornus.

Jika berminat, waktu untuk mengamatinya yaitu pukul 03.00 dini hari atau sekitar 42 menit setelah matahari terbenam berakhir. Andi Pengerang, Peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa LAPAN, mengungkapkan, ketiga benda langit tersebut memiliki magnitudo yang cukup bervariasi.

Malam ini, planet Jupiter yang berkonjungsi dengan bulan akan terlihat dengan magnitudo kecerlangan -2,08 sampai -2,09. Sedangkan, planet Saturnus memiliki magnitudo konstan +0,74.

“Bulan berfase sabit akhir saat konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4% sampai 15,8%,” tuturnya.

Lihat Juga: Muncul 19 Tahun Sekali, Fenomena Langka Konjungsi Agung Jupiter Saturnus

Tentu fenomena tripel konjungsi Bulan, Saturnus, Jupiter, yang mulai mala mini bisa terlihat di langit Indonesia. Apabila cuaca cerah, langit malam cukup gelap dan bebas polusi cahaya. Terkait fenomena tersebut, simak juga fakta tentang planet Saturnus berikut ini:

  1. Membutuhkan sekitar 9 Bumi yang berjajar untuk menyamai diameter planet Saturnus, namun masih belum termasuk cincinnya.
  2. Walau belum diketahu pasti, planet ini membutuhkan waktu 10,7 jam untuk berputar pada porosnya dan 29 tahun untuk mengorbit Matahari.
  3. Planet ini terbuat dari gas dan tak memiliki permukaan layaknya di Bumi.
  4. Ada 53 bulan yang diketahui mengorbit Saturnus. Selain itu, terdapat 9 satelit alami yang masih masih belum dipastikan, sehingga totalnya bisa mencapai 62.
  5. Cincin planet ini terdiri dari berbagai material dan beragam ukuran, dengan total 7 bagian utama di dalamnya. Cincin ini menghujani planet ini dengan berbagai material serta intensitas tinggi, diperkirakan mencapai 45.000 kg per detik. Selain itu, cincin planet ini juga bisa ‘menghilang’ dari penglihatan apabila berada sejajar dengan planet Bumi.
  6. Berbeda dari planet lainnya, Saturnus termasuk planet yang membingungkan karena perhitungan waktu dan hari di planet ini masih belum dapat diprediksi.
  7. Atmosfer di planet ini didominasi oleh Helium dan Hidrogen.

Itulah beberapa fakta menarik dari planet bercincin yang kini berkonjungsi dengan Bulan dan Jupiter. Selain Saturnus, masih banyak planet di alam semesta lainnya yang penuh misteri dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top