News

Jelang Pemilu 2024, KSP Ingatkan Menteri Tak Manfaatkan Jabatan untuk Kepentingan Pribadi

Pemilu 2024

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengingatkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju tak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi jelang Pemilu 2024.

Ia menekankan tugas utama menteri yaitu membantu kerja-kerja presiden.

"Sudah sepatutnya karena itu posisi menteri dipergunakan semaksimal mungkin untuk membantu jalannya agenda presiden demi kemajuan negara dan kesejahteraan rakyat. Bukan untuk kepentingan yang sifatnya pragmatis dan personal bahkan mengarah ke konflik kepentingan," ujar Jaleswari dalam keterangan pers, Selasa (10/5/2022).

Ia menyampaikan, presiden mempunyai hak prerogatif untuk mengangkat maupun memberhentikan menteri.

Lihat Juga: 4 Menteri Jokowi Ingin Nyapres, PPP Dorong Ada Capres Lain

Berikutnya, menurut Undang-undang No 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, terdapat koridor yang wajib dipatuhi menteri dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

Termasuk larangan mengambil keputusan, menetapkan maupun tindakan yang dapat memicu konflik kepentingan.

"Di mana spektrumnya, latar belakangnya pun cukup luas termasuk terkait kepentingan pribadi," tuturnya.

Jokowi Ingatkan Tahapan Pemilu 2024 Segera Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tahapan Pemilu 2024 bakal segera dimulai. Dia meminta jajarannya untuk tetap fokus merampungkan tugasnya masing-masing.

"Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini saya juga minta menteri, kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," tutur Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Jokowi menegaskan agar agenda-agenda strategis nasional yang jadi prioritas bersama harus terlaksana dengan baik. Ia juga ingin Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan baik dan tanpa gangguan.

"Agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama betul-betul bisa kita pastikan terselenggara dengan baik, Pemilu terselenggara dengan baik, lancar, dan tanpa gangguan," kata Jokowi.

Lihat Juga: Jadwal Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan, Jokowi: Dilaksanakan 14 Februari

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa Pemilu sudah pasti akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada diselenggarakan pada November 2024.

Dia juga meminta kepada para menterinya agar menyampaikan kepada masyarakat bahwa agenda Pemilu dan Pilkada serentak telah ditetapkan jadwalnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top