News

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat Setelah Menang Di Pemilihan Presiden AS 2020

Joe Biden

This post is also available in: English

Kabar baru ini datang dari negara Amerika Serikat yang baru saja mengumumkan Presiden terbarunya yang ke-46. Presiden yang terpilih dari Partai Demokrat yang bernama Joe Biden yang berhasil mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020.

Joe Biden diketahui berhasil meraih total suara 290 suara elektoral dibandingkan Donald Trump yang hanya meraih 214 suara elektoral. Terpilihnya Joe Biden ini menjadikannya salah satu Presiden tertua dalam Sejarah AS karena saat ini beliau berusia 78 tahun.

Nah, kira-kira siapa sebenarnya sosok presiden terbaru Amerika Serikat ini yang dibilang Presiden tertua dalam sejarah AS setelah menggeser posisi Ronald Reagan yang kala itu meninggalkan jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat diusia 77 tahun? Berikut ini biografi dari Joe Biden. Yuk simak baik-baik ya!

Biodata Joe Biden

Joe Biden merupakan seorang politikus dari Amerika Serikat yang saat ini terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat setelah mengalahkan Donald Trump di pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2020. Setelah gagal dalam upayanya untuk mencalonkan menjadi presiden di tahun 1987 dan 2008, akhirnya beliau terpilih untuk menggantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Sebelumnya, beliau adalah seorang Senator senior dari Delaware dari 1973 sampai 2009. Setelah itu, dia menjadi anggota partai Demokrat dan terpilih menjadi Wakil dari Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dari tahun 2009 sampai dengan 2017. Berikut biodata Joe Biden:

Nama LahirJoseph Robinette Biden Jr
Nama LainJoe Bide
Lahir20 November 1942 (78 tahun), Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat
Tinggi183 m
PendidikanArchmere Academy (1961)
Delaware University (1965)
College of Law, Syracuse University (1968)
PekerjaanPengacara, Presiden Amerika Serikat 46
PartaiDemokrat
PasanganNeilia Hunter (meninggal) (m.1966-1972)
Jill Tracy Jacobs (m.1977)
AnakJoseph Beau Biden III, Robert Hunter Biden, Ashley Blazer Biden, Naomi Christina Biden

Masa Kecil dan Pendidikan Joe Biden

Joe Biden lahir dengan nama Joseph Robinette Biden Jr pada 20 November 1942 di Rumah Sakit St. Mary. Biden adalah anak sulung yang dibesarkan di kota Scranton, Pennsylvania dalam keluarga Katolik Irlandia. Ayahnya bernama Josep Robinette Biden Sr yang bekerja sebagai penjual mobil bekas dan ibunya bernama Catherine Eugenia Jean Finnegan. Dia lahir ketika terjadi Perang Dunia II.

Joe berasal dari keluarga yang kaya tetapi ketika beliau lahir, ayahnya mengalami kemunduran finansial. Oleh karena itu, Joe dan keluarganya tinggal dengan nenek dari pihak ayahnya merupakan seorang pengusaha minyak di Baltimore. Ketika Joe berusia 10 tahun yang saat itu kota sedang dalam masa sulit di tahun 1950-an, ayahnya kehilangan pekerjaan dan sulit menemukan pekerjaan tetap sehingga mulai mereka memutuskan pindah ke Delaware. Setelah pindah tersebut, ayahnya bekerja sebagai penjual mobil bekas yang sukses.

Ketika Joe berusia dua puluhan, Joe mengalami kesulitan dalam berbicara atau gagap sehingga semua teman-temannya mengejek dengan memanggilnya “Dash” dan Joe Impedimenta”. Pada akhirnya beliau mengatasi kesulitannya tersebut dengan terus mencoba berlatih dengan menghafal bagian-bagian puisi yang panjang kemudian melafalkannya di depan cermin.

Joe bersekolah di St. Helena School, sampai beliau diterima di Akademi Archmere. Di samping mengenyam pendidikan, beliau juga bekerja untuk membantu keluarganya membayar biaya sekolah. Beliau bekerja mencuci jendela sekolah dan mengurus kebun.

Di Akademi Archmere, Joe merupakan siswa teladan meskipun postur tubuhnya kecil. Beliau unggul di bidang olahraga sepakbola. Beliau merupakan salah satu pemain sepakbola di posisi tengah yang paling menonjol di sekolahnya. Selain sepakbola, dia juga bisa bermain bisbol.

Meskipun berasal dari keluarga yang sederhana, beliau memiliki jiwa pemimpin yang baik karena di masa kecilnya beliau dididik orang tuanya untuk menjadi seorang yang tangguh, berjiwa pemimpin, pekerja keras dan tekun. Hal itu terbukti dari beliau yang menjadi ketua kelas di tahun-tahun junior dan senior. Beliau lulus dari Akademi Archmere di tahun 1961.

Setelah lulus dari Akademi Archmere, beliau melanjutkan ke Dalware University. Di sini, beliau sempat meneruskan hobinya dengan bergabung ke ekstrakulikuler sepakbola di kampusnya. Pada tahun 1965, beliau memperoleh gelar Bachelor of Arts dengan gelar ganda dalam sejarah dan ilmu politik kemudia minor dalam bahasa Inggris. Beliau mendapatkan nilai dengan rata-rata C sehingga menempatkannya di peringkat 506 di kelasnya.

Setelah lulus dari Dalware University, beliau melanjutkan ke Syracuse University untuk belajar ilmu hukum. Beliau mendapatkan gelar sarjana hukum  dengan peringkat 76 di kelasnya dari 85 orang pada tahun 1968. Setelah lulus, beliau kembali ke Dalware untuk bekerja sebagai pengacara di dewan County Newcastle dari tahun 1970 hingga 1972.

Kehidupan Pribadi Biden

Joe Biden dengan Istrinya, Jill Biden

Joe Biden diketahui pernah menikah dua kali. Pertama, beliau menikah dengan teman satu kampusnya yang bernama Neilia Hunter pada tanggal 27 Agustus 1966 yang dikaruniai tiga orang anak yaitu Joseph Robert Biden III, Robert Hunter Biden, dan Naomi Christina Biden. Pada tanggal 18 Desember 1972, istri dan anak perempuannya yang masih berusia satu tahun bernama Naomi meninggal dalam kecelakaan mobil ketika mereka pergi belanja untuk perayaan natal. Kedua putranya juga menjadi korban dan mengalami luka parah. Pada tahun 1997, beliau menikah lagi dengan Jill Tracy Jacobs dan dikaruniai satu anak bernama Ashley Blazer Biden.

Joe Biden dan keluarganya

Karir Di Politik Biden

Setelah lulus dan mendapatkan gelar sarjana hukum, beliau kembali ke Dalware dan bekerja di sebuah firma hukum Wilmington yang dipimpin oleh William Pricket pada tahun 1968. 1969, beliau mempraktikan hukum untuk pertama kalinya sebagai pembela publik di sebuah firma hukum yang dipimpin oleh seorang demokrat aktif secara lokal. Biden didaftarkan ulang sebagai Demokrat. Beliau dan pengacara lain kemudian membentuk firma hukum.   

Setelah itu, beliau bekerja bekerja sebagai anggota dewan sekaligus pengacara di New Castle County Council dari Distrik-4 dari tahun 1970 hingga 1972. Setelah itu, beliau terpilih menjadi Senator Junior AS pada tahun 1972 di usianya yang ke 29 dimana saat itu beliau menjadi senator termuda urutan ke lima dalam sejarah. Beliau satu-satunya yang bersedia menantang J Caleb Boggs.

Mulai dari tahun 1987 sampai dengan 1995, beliau pernah bekerja di Komite Kehakiman sebagai ketua. Sebagai Senator, beliau pernah menjabat sebagai ketua dua kali di Komite Hubungan Luar Negeri di tahun 2001 dan tahun 2007. Selain menjadi Senator AS, Joe juga pernah menjadi professor di Fakultas Hukum, Widener University pada tahun 1991-2008.

Pada tahun 1988, Joe Biden mencalonkan diri sebagai Presiden dari Partai Demokrat tetapi mundur setelah terungkapnya pidato yang digunakan Joe untuk kampanye yang ternyata hasil menjiplak dari pemimpin Partai Buruh Inggris bernama Neil Kinnock. Tahun 2008 pun beliau kembali mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Amerika Serikat namun kembali mundur dari pencalonan setelah menempati posisi kelima dalam Kaukus Demokrat.

Tidak lama kemudian tepatnya pada 22 Agustus 2008, Joe dipilih oleh Barrack Obama untuk menjadi pasangannya dalam pemilihan Presiden 2008. Saat itu, Joe Biden adalah senator paling senior keempat kemudian beliau mengundurkan diri untuk menjabat sebagai wakil dari Presiden Barrack Obama. Beliau menjabat sebagai wakil Presiden Amerika Serikat selama dua periode yaitu di tahun 2008 dan 2012.

Joe Biden dan Barrack Obama

Pada April 2019 kemari, Joe telah resmi mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden dalam pemilihan Presiden 2020 setelah mendapatkan delegasi dari Partai Demokrat. Pada 11 Agustus 2020, beliau mengumumkan Kamala Harris sebagai pasangannya di pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020. Di akhir bulan Agustus, beliau resmi dinobatkan sebagai calon Presiden Amerika Serikat yang ke 46.

Joe Biden bersama Kamala Harris

Pernah gagal? dirinya dua kali gagal dalam pencalonannya sebagai Presiden, akhirnya pada 8 November 2020 beliau diumumkan terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat 46 setelah memenangkan pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat 2020 dengan total suara elektoral yang didapatkan sebanyak 290 suara. Joe Biden akan dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke 46 pada 20 Januari 2021 bersama dengan Kamala Harris sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat.

Nah itulah informasi mengenai Joe Biden yang baru saja terpilih menjadi presiden Amerika Serikat ke 46 di pemilihan Presiden AS 2020 melawan Donald Trump. Beliau juga dinobatkan sebagai presiden tertua dalam sepanjang sejarah Presiden Amerika Serikat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian agar mengetahui Presiden baru Amerika Serikat.

To Top