News

PDIP dan Gerindra Komentari Jokowi-Anies Tinjau Sirkuit Formula E

PDIP dan Gerindra Komentari Jokowi-Anies Tinjau Sirkuit Formula E

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama-sama meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Pertemuan kedua tokoh itu mengundang komentar dari sejumlah pihak.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyebut Jokowi ingin memastikan perhelatan internasional itu benar-benar sudah siap.

“Pak Jokowi ingin memastikan apakah gelaran Formula E betul-betul sudah siap. Karena, pak Jokowi punya pengalaman menyelenggarakan MotoGP Mandalika yang dikategorikan sukses. Tapi suksesnya Mandalika kan persiapannya bertahun-tahun, ini dalam hitungan bulan apakah benar-benar siap?” kata Gembong, Selasa (26/4/2022).

“Jangan sampai nanti kita gelar event olahraga internasional kemudian kita tak siap, yang akhirnya membuat penyelenggaraan tak maksimal,” lanjutnya.

Gembong menegaskan pihaknya tidak menolak perlehatan Formula E yang akan digelar Pemprov DKI. Hanya, dia meminta adanya transparansi penggunaan anggaran untuk gelaran tersebut.

“Jangan dianggap kita interpelasi, kita tak mendukung, bukan itu. Kita interpelasi itu menanyakan pada Gubernur terhadap kebijakan ajang Formula, tujuannya kaitan transparansi anggaran. Kedua, rekomendasi BPK, salah satunya meminta Pemprov menggaet pihak ketiga dalam penyelenggaraan Formula E. Tidak boleh semua menggunakan APBD, intinya itu,” papar dia.

Gembong mengatakan sukses tidaknya perhelatan Formula E tidak hanya menyangkut nama Jakarta, melainkan juga Indonesia. Oleh karenanya, kesiapan ajang balapan internasional itu perlu dipastikan oleh seorang Presiden.

“Kalau tak maksimal yang rugi siapa? Bukan hanya Jakarta tapi bangsa negara kita ini. Itu yang mau dipastikan pak Jokowi. Kalau gagal bukan hanya Jakarta yang tercoreng, (tapi juga) bangsa ini. Kalau berhasil bukan cuma Jakarta yang harum, tapi Republik ini,” tegas Gembong.

“Kalau ingin sukses kan bukan hanya sukses penyelenggaraan, tapi sukses pengelolaan keuangan juga penting. Soal pengelolaan keuangan kita ajukan interpelasi. Pak Jokowi berikan dukungan monggo, kita juga dukung monggo, tapi interpelasi hal yang berbeda, jalan terus!” sambungnya.

Gerindra: Wajar Jokowi Tinjau Sirkuit Formula E

Di lain pihak, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan wajar-wajar saja Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Dasco menilai Jokowi ingin memastikan ajang internasional itu berjalan dengan lancar.

“Saya pikir Formula E ajang internasional. Pak Presiden dalam melakukan tinjauan itu wajar-wajar saja. Pasti pak Presiden ingin bahwa kegiatan ajang internasional ini bisa berjalan dengan baik dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik,” kata Dasco, Selasa (26/4/2022).

Dasco menilai peninjauan sirkuit Formula E merupakan bentuk dukungan Jokowi terhadap ajang internasional itu. Mengingat, lanjut dia, Indonesia menjadi tuan rumah dari ajang tersebut.

“Oleh karena itu, dengan banyaknya dinamika, kemudian hal-hal di media, saya pikir pak Jokowi ingin memastikan bahwa Formula E baik-baik saja. Kan ini diadakan di Indonesia sebagai tuan rumah, tentunya sebagai Presiden, pak Jokowi ingin acara ini berlangsung lancar dan sukses,” tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau persiapan ajang Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Jokowi mengatakan trek balapan sudah siap. Namun, lanjut dia, masih ada beberapa hal yang perlu dikejar pembangunannya, seperti paddock dan grand stand.

“Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa. Dan, di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap. Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan, kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” terang Jokowi, Senin (25/4/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top