News

Jokowi Bakal Dukung Siapa di Pilpres 2024? Ini Kata Faldo

Jokowi Bakal Dukung Siapa di Pilpres 2024? Ini Kata Faldo

Staf khusus Menteri Sekretariat Negara, Faldo Maldini berbicara soal ‘kemesraan’ Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Seperti diketahui, Jokowi mengajak Prabowo untuk melakukan kunker (kunjungan kerja) di Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021) kemarin.

Faldo mengatakan adalah sesuatu yang wajar Jokowi mengajak Menhan untuk meninjau proyek strategis di Kalimantan Timur.

“Ini kan kunjungan kerja. Presiden ngajak menterinya meninjau proyek strategis nasional, yang akan menjadi objek vital nasional. Tentunya pak Menteri Pertahanan perlu mendampingi Presiden di sana. Perlu melihat langsung. Itu kan memang sesuai kompetensi beliau. Kami rasa sangat wajar,” kata Faldo, Rabu (25/8/2021).

Faldo kemudian berbicara soal dukung-mendukung di Pilpres 2024. Dia menegaskan Jokowi, pada waktu yang tepat, akan menyampaikan siapa sosok yang didukungnya.

Politikus PSI itu pun menyampaikan bahwa fokus Jokowi dan jajaran pemerintah saat ini adalah bekerja.

“Terkait dukung-mendukung, yang jelas pak Presiden Jokowi sudah pernah sampaikan, bila tiba saatnya, beliau akan melabuhkan dukungannya ke siapa. Kalau beliau belum bicara, ya berarti belum saatnya. Tidak ada yang tahu, berapa banyak nama di dalam kantong baju beliau atau belum ada sama sekali. Sekali lagi, kami tegaskan, fokus pemerintah hanya bekerja,” tegas dia.

Ditanya soal politik, Stafsus Mensesneg itu mengatakan saat ini Jokowi lebih fokus pada penanganan pandemi Covid-19. Dia lantas membeberkan adanya kemajuan yang signifikan dalam penanganan pandemi ini.

“Soal politik? Presiden Jokowi dan jajarannya mengerjakan tanggung jawab yang ada di depan mata, yang dirasakan langsung oleh rakyat. Sekarang soal pandemi, kita lihat ada kemajuan signifikan. Keterisian Wisma Atlet sudah belasan persen saja. Dua bulan lalu tembus 94 persen, saat ini kita mesti terus siap dan waspada. Itu politik Jokowi,” ungkap Faldo.

Jokowi Ajak Prabowo Kunker

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin Selasa (24/8/2021) mengajak Menteri Pertahanan melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kalimantan Timur. Jokowi, di daerah calon ibu kota baru itu melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi, meninjau sodetan akses jalan ibu kota baru dan meresmikan jalan tol Balikpapan – Samarinda.

Jika kita cermati, agenda kunker di Kalimantan Timur tidak ada kaitannya dengan tugas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Jokowi mengatakan hal yang terpenting dalam membangun ibu kota baru adalah infrastruktur. Dia juga menegaskan pentingnya turun langsung ke lapangan untuk menentukan titik-titik pembangunan infrastruktur.

“Saya dengan pak Menhan, dengan pak Menteri PUPR untuk melihat secara detail. Ya, kita melihat ini lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru, itu yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu, untuk nanti membawa logistik,” kata Jokowi, Selasa (24/8/2021).

Di sisi lain, Prabowo menyebut rencana pembangunan ibu kota baru telah disiapkan dengan sangat matang. Ketua Umum Partai Gerindra itu pun mendukung sekaligus menyarankan untuk melanjutkan pembangunan ibu kota baru.

“Saya sangat mendukung, menyarankan ke Presiden bahwa kita harus teruskan, saran saya. Dan, Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang,” ucap Prabowo.

Menariknya, di hari yang sama, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menggelar pertemuan di kantor DPP PDIP, Jakarta. Sehingga, muncullah spekulasi politik terkait dua agenda yang dilakukan di hari yang sama itu.

Namun, petinggi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dua agenda yang dilakukan di hari yang sama itu tidak lebih dari kebetulan.

“Kebetulan saja,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top