News

Jokowi Didesak Bentuk Tim Pencari Fakta Ungkap Kasus Teror Novel Baswedan

Jokowi Didesak Bentuk Tim Pencari Fakta Ungkap Kasus eror Novel Baswedan

Teror terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Presiden Jokowi didesak untuk membentuk Tim Pencari Fakta ‘TPF’.

Lola Easter selaku peneliti hukum Indonesia Corruption Watch mengatakan bahwa, serangan terhadap Novel Baswedan ini ditunjukan hanya untuk seseorang, akan tetapi ini merupakan serangan kepada KPK dan Gerakan Anti Korupsi Di Indonesia.

Lola menyakini terkait pembentukan TFP terkait teror penyiraman Air Keras terhadap Novel Baswedan akan membuat penyelidikan dan penyidikan kasus ini lebih cepat diproses dan dapat mengungkap siapa dalang utama dibalik teror tersebut.

Tidak hanya itu, mereka meminta KPK, dalam menyelidiki kasus teror tersebut menggunakan pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang sengaja menghalangi penyidikan tipikor dapat dikenakan hukuman kurungan penjara.

Almas Sjahfrina, selaku peneliti Korupsi Politik ICW meminta Dewan Perwakilan Rakyat untuk dapat membatalkan hak angetnya kepada KPK.

Pengajuan hak angket menurutnya tidak tepat dan salah sasaran. oleh sebeb itu hak angket lebih tepat diajukan oleh DPR terhadap kebijakan pemerintah, bukan institusi independen di luar pemerintah seperti KPK.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top