News

Jokowi Didorong Jadi Cawapresnya Prabowo di 2024, Mau Nggak?

Jokowi Didorong Jadi Cawapresnya Prabowo di 2024, Mau Nggak?

Muncul dorongan Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. Adalah Kelompok Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi, pihak yang menginginkan hal itu.

Pertanyaannya, mau nggak Jokowi jadi cawapresnya Prabowo di Pilpres mendatang?

Menanggapi hal itu, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno tidak mempermasalahkan kemunculan dorongan tersebut. Namun, Hendrawan pesimistis wacana itu terwujud karena politik cenderung bersifat progresif, bukan regresif.

“Boleh, boleh saja deklarasi di alam demokrasi, tak ada masalah. Soal apakah pasar politik tertarik, itu hal lain. Saya cermati pasar politik cenderung progresif daripada regresif,” kata Hendrawan, Sabtu (15/1/2022).

Hendrawan kemudian berbicara soal aturan yang tertulis di Pasal 7 UUD 1945. Dia menjelaskan Jokowi diperbolehkan jika ingin maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

“Sejauh yang saya cermati boleh. Karena, batasan dua periode di Pasal 7 UUD 1945 adalah ‘dalam jabatan yang sama’,” terang dia.

PKS Tak Yakin Jokowi Mau Jadi Cawapresnya Prabowo

Di sisi lain, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga tidak mempersoalkan munculnya dorongan duet Prabowo Subianto dan Joko Widodo di Pilpres 2024 mendatang. Mardani meyakini Jokowi tidak akan tertarik menjadi cawapresnya Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Pertama, ide boleh saja. Kedua, saya tidak yakin pak Jokowi mau. Kasihan publik akan menilai pak Jokowi pencari kekuasaan,” kata Mardani,” Sabtu (15/1/2022).

Perihal boleh tidaknya Jokowi maju sebagai cawapres di 2024 mendatang, Mardani menuturkan hal itu perlu didiskusikan dengan pakar ketatanegaraan. Namun, petinggi PKS itu tetap meragukan Jokowi tertarik maju sebagai cawapresnya Prabowo.

“Kita nikmati saja semua dinamika yang ada,” tuturnya.

Bagaimana Tanggapan Gerindra?

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman menuturkan dorongan duet Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024 oleh Kelompok Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi sebagai aspirasi yang diatur konstitusional. Habiburokhman tidak mempermasalahkan kemunculan ide duet tersebut.

“Kami tidak tahu siapa mereka yang mendeklarasikan Prabowo-Jokowi. Tapi kami tidak bisa melarang orang menyampaikan aspirasi karena itu hak mereka secara konstitusional,” kata Habiburokhman, Sabtu (15/1/2022).

Habiburokhman mengatakan Gerindra saat ini belum mengambil sikap terkait siapa cawapres yang akan mendampingi Prabowo di tahun 2024. Dia menegaskan pihaknya masih mencermati dinamika politik yang terjadi.

“Kami belum bisa menentukan sikap soal calon wakil presiden yang mendampingi pak Prabowo di 2024. Secara resmi penentuan sikap kemungkinan baru bisa dilakukan jelas 2024 karena kami harus mencermati dinamika politik yang terjadi,” terangnya.

Politikus Gerindra itu menyebutkan fokus saat ini adalah mengoptimalkan kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Menurut dia, kemenangan di 2024 mudah diraih jika Prabowo sukses menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan.

“Saat ini kami lebih memilih untuk memaksimalkan kerja pak Prabowo sebagai Menhan. Kalau beliau sukses jalankan tugas, insya Allah tidak sulit untuk menang 2024,” tegasnya.

Diketahui, Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi mendorong Prabowo dan Jokowi maju di Pilpres 2024 sebagai capres dan cawapres. Sekretarian Bersama Prabowo-Jokowi ingin pembangunan Indonesia terus berlanjut.

“Kami dari Sekretariat Bersama (SEKBER) Prabowo-Jokowi mendorong Prabowo Subianto calon presiden dan Joko Widodo calon wakil presiden sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju Jilid II untuk maju dalam Pemilu 2024. Dalam rangka melanjutkan kesinambungan kerja dan pembangunan menuju Indonesia maju,” demikian bunyi deklarasi dari Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi.

Adapun deklarasi itu digelar di kantor Sekretariat Bersama Jokowi-Prabowo di Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (15/1/2022) kemarin. Menurut Anda ide duet Prabowo-Jokowi di 2024 bakal terwujud tidak?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top