News

Jokowi Diminta Aktif Akhiri Konflik Rusia-Ukraina

Jokowi Diminta Aktif Akhiri Konflik Rusia-Ukraina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta turut aktif mengakhiri konflik antara Rusia dan Ukraina. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. LaNyalla berharap Indonesia turut mencegah meluasnya konflik internasional itu.

“Sebagai negara yang cinta perdamaian dan komitmen menjalankan amanat Pembukaan UUD 1945, Indonesia perlu melakukan langkah konkret untuk mencegah meluasnya konflik militer Rusia dan Ukraina,” kata LaNyalla, Jumat (25/2/2022).

LaNyalla menuturkan perang dapar merenggut korban dari masyarakat sipil. Dia mendorong Jokowi turut mengambil bagian dalam mengakhiri perang tersebut.

“Perang tidak dapat diterima di belahan dunia mana pun. Pemerintah kita, terutama Presiden Jokowi harus segera mengambil bagian dari penyelesaian konflik internasional, terutama agar korban sipil tidak terus bertambah,” imbuhnya.

LaNyalla menilai konflik antara Rusia dan Ukraina berdampak bagi Indonesia, terutama dalam sektor investasi dan perdagangan. Mengingat, lanjut dia, Indonesia memiliki hubungan baik dengan kedua negara itu.

“Perang tentunya akan mempersulit proses pemulihan, baik dari sisi kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi. Dalam konteks perdagangan dan investasi pasti Indonesia terkena imbas. Karena, sejauh ini Indonesia memiliki hubungan kedekatan baik dengan Ukraina dan Rusia,” tuturnya.

Dubes Ukraina Dorong Jokowi Bersuara Lantang

Di sisi lain, Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin juga mendorong Presiden Jokowi bersuara lantang terkait konflik Rusia dan negaranya. Vasyl mulanya berbicara soal spirit Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya mengagumi spirit Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, semangat para pahlawan Indonesia. Dan percayalah, saya menyampaikan pesan ini ke Ukraina setiap waktu dan Ukraina tahu ini,” ucap Vasyl.

Vasyl kemudian menyampaikan keinginannya supaya Indonesia bersama Ukraina. Dia menyebut Indonesia memiliki pengaruh global.

“Kita ingin bangsa Indonesia bersama kami. Indonesia sekarang bukan hanya pemimpin regional, bukan hanya pemimpin ASEAN, tapi saya katakana akan menjadi kekuatan dunia yang mempunyai pengaruh di Asia Tenggara dan global,” tegasnya.

Menurut Vasyl, suara Indonesia akan didengarkan oleh negara mana pun. Oleh karenanya, dia meminta Indonesia percaya diri untuk bersuara lantang terkait konflik Rusia dan Ukraina.

“Saya pikir, jika Indonesia bersuara, tidak ada seorang pun, tidak ada negara, tidak ada region mana pun, tidak ada pemimpin mana pun yang akan mengabaikannya. Apa yang kami benar-benar harapkan dari Indonesia untuk bersuara dengan lantang dan percaya diri,” sambung Dubes Ukraina untuk Indonesia itu.

Benarkah Indonesia Punya Peran Besar Redam Konflik Rusia-Ukraina?

Menurut Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Padjajaran Teuku Rezasyah, Indonesia memiliki peranan besar dalam meredam konflik antara Rusia dan Ukraina. Akan tetapi dalam melakukan hal itu, kata Teuku, Indonesia harus berhati-hati.

“Indonesia punya peran besar tapi dalam penyampaiannya mesti hati-hati dan sangat sensitif karena Putin sedang sangat tinggi percaya dirinya,” kata Teuku, Jumat (25/2/2022).

Teuku melanjutkan Indonesia harus berkomunikasi dengan hati-hati agar tidak terjadi ketersinggungan yang berujung fatal. Oleh karenanya, lanjut dia, bahasa yang digunakan untuk komunikasi tidak boleh sembarangan.

“Dalam mendekati Putin, kita (Indonesia) harus berhati-hati dengan bahasa yang kita gunakan selama ini. Bagaimana kita (Indonesia) melihat Rusia, apakah kita menganggap Rusia ini aggressor atau negara yang terlibat konflik tanpa perlu kita nanya-nanya akar konfliknya apa,” tegasnya.

Untuk diketahui, sejauh ini Presiden Jokowi belum ‘bersuara lantang’ terkait konflik Rusia dan Ukraina. Jokowi hanya menuliskan ‘setop perang’ di Twitter.

“Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia,” ujar Jokowi di Twitter, Kamis (24/2/2022) lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top