News

Jokowi Ditantang Pecat Luhut, Umar Hasibuan: Kalau Berani, Saya Nazar Santuni 100 Anak Yatim

Jokowi Ditantang Pecat Luhut

Kemarahan Presiden Joko Widodo dengan mengancam reshuffle sejumlah menteri, berbuah tantangan. Jokowi ditantang berani memecat Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Mantan staf khusus Mendagri Gamawan Fauzi, Umar Hasibuan, turut menantang Jokowi untuk memecat Luhut Panjaitan. Jika Jokowi berani memecat Luhut, pengamat politik ini bernazar akan memenuhi kebutuhan makan 100 anak yatim.

“Kalau berani saya nazar kasih makan anak yatim 100 orang,” tulis Umar Hasibuan di akun Twitter @Umar_AlChelsea meretweet tulisan bertajuk “Jokowi Ditantang Reshuffle Luhut dan Airlangga”.

Pemikir Islam Haikal Hassan Baras di akun Twitter @haikal_hassan meminta follower untuk membuat usulan satu menteri yang pantas direshuffle berdasarkan kinerja dan cara komunikasi.

Haikal Hasan sendiri menyebut Luhut Panjaitan sebagai menko yang pantas diganti. Adapun pengganti Luhut adalah ekonom senior Rizal Ramli.

“Presiden ancam reshuffle. Ambil suara yuuk… 1 orang usul berhentikan  1 menteri yang bermasalah dengan kinerja dan cara komunikasi. Lalu, usulkan dengab nama menteri baru. Saya usul: Menko LBP  diganti @RamliRizal. Usulan Anda? (Akan dikumpulkan sebagai masukan untuk Presiden),” tulis @haikal_hassan.

Sebelumnya, pengamat sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, menantang Jokowi mereshuffle Airlangga Hartarto dan Luhut Pandjaitan.

Jika berani mencopot dua menko itu, kata Ubeidilah, Jokowi telah lulus dalam ujian kepemimpinan.   “Kalau tidak berani reshuffle dua menko tersebut itu artinya membenarkan tesis bahwa Jokowi dikendalikan oleh oligarki ekonomi dan oligarki politik,” tantang Ubeidilah seperti dikutip tempo (30/06).

Tak kalah keras, rohaniawan Antonius S. Boediono atau Romo Boed, menantang Jokowi untuk mereshuffle seluruh menterinya tanpa kecuali. Romo Boed meminta Jokowi untuk meninggalkan kepentingan partai.

“Saya bersedia membantu Pemerintah tanpa bayaran asalkan Jokowi mereshuffle seluruh menterinya tanpa kecuali, tinggalkan kepentingan Partai jangan takut berhadapan dengan mereka (Partai) selama kebijakan publik masuk akal sehat dan memberi manfaat nyata #hening,” tulis Romo Boed di akun @asboediono_id.

To Top