News

Jokowi ke Ukraina, Tempuh Perjalanan 11 Jam dengan Kereta Api

Jokowi ke Ukraina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi telah tiba di Ukraina setelah menempuh perjalanan sekitar 11 jam. Jokowi ke Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky.

Menurut keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022), kereta luar biasa yang ditumpangi Jokowi dan rombongan tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina. Kereta tersebut tiba pada Rabu, 29 Juni 2022, pukul 08.50 waktu setempat.

Setelah pintu gerbong dibuka, Jokowi dan Iriana turun dan langsung disambut oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik. Selain itu, disambut juga oleh Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-RI Taras Kachka serta pejabat KBRI Kyiv.

Lihat Juga: Sejarah Konflik Rusia vs Ukraina yang Kini Makin Memanas

Pada hari keempat agenda kunjungan kerja Jokowi ke luar negeri, Presiden beserta rombongan akan berada di Ukraina. Kunjungan Jokowi ke Ukraina akan diawali dengan berkunjung ke puing-puing kompleks Apartemen Lipky yang terletak di Kota Irpin. Selanjutnya, Jokowi dan Iriana dijadwalkan datang ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina yang berada di Kota Kyiv.

Siang harinya, Jokowi bakal ke Istana Maryinsky untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Lihat Juga: Jokowi Undang Ukraina dan Rusia ke KTT G20 Bali, Putin Dikonfirmasi Hadir

Pada sore harinya, Jokowi dan Iriana akan kembali ke Stasiun Central Kyiv dan bertolak ke Stasiun Przemsyl, Polandia.

Kenapa Jokowi ke Ukraina Naik Kereta?

Menurut laporkan perjalanan ke Ibu Kota Ukraina masih sulit ditembus selain dengan kereta. Selain itu, wilaya udara Ukraina masih ditutup sejak invasi Rusia pada 24 Februari 2022 lalu. Kemudian, banyak jalan yang sulit diakses akibat perang tersebut.

Sehingga kereta api menjadi pilihan terbaik untuk mengantarkan para tokoh dunia yang ingin ke Kyiv. Kunjungan Jokowi ke Ukraina ini bukan menjadi yang pertama, sejumlah kepala negara dan tokoh juga pernah ke negara yang tengah berperang ini.

Lihat Juga: Jokowi Diminta Aktif Akhiri Konflik Rusia-Ukraina

Meski begitu, perjalanan dengan kereta ke Kyiv bukanlah tanpa risiko. Dilaporkan serangan rudal masih terus menyasar jembatan, stasiun dan rel kereta api provinsi. Seragan dilakukan terutama untuk memutus pasokan senjata.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top