News

Jokowi Kemah di IKN Nusantara Hanya Ditemani Isran Noor, Puluhan Gubernur Lain Pulang

Jokowi Kemah di IKN Nusantara Hanya Ditemani Isran Noor, Puluhan Gubernur Lain Pulang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya ditemani Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor ketika berkemah di wilayah yang akan jadi kawasan inti ibu kota negara (IKN) Nusantara. Menurut jadwal, Jokowi kemah di IKN Nusantara pada Senin (14/3/2022).

Sementara itu, puluhan gubernur yang sebelumnya menghadiri prosesi Kendi Nusantara pulang ke daerahnya masing-masing. Setidaknya 34 pemimpin provinsi dari seluruh Indonesia diundang untuk hadir di titik nol IKN serta menyerahkan tanah dan air dari wilayahnya ke kendi nusantara.

Kepastian apra gubernur tersebut tidak ikut berkemah dengan Jokowi di IKN dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Tetapi, Heru tidak menjelaskan alasan para kepala daerah tersebut tidak ikut Jokowi kemah di IKN.

“Semua (gubernur) pulang, kecuali Gubernur Kaltim,” kata Heru seperti mengutip laman CNNIndonesia, Senin (14/3/2022).

Lihat Juga: Prosesi Kendi Nusantara di IKN Dihadiri Jokowi dan Gubernur Seluruh Indonesia

Heru juga menyampaikan alasan enam orang gubernur tak hadir pada prosesi Kendi Nusantara pagi tadi. Ia memaparkan bahwa para gubernur tersebut sudah meminta izin kepada Jokowi untuk tidak hadir.

Enam gubernur yang tak ikut dalam prosesi itu adalah Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Semua izin karena kesehatan kurang fit,” ucapnya.

Jokowi Kemah di IKN Nusantara Ditemani Gubernur Kaltim, Jubir: Belum Bisa Pastikan

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Juru Bicara Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Syafranuddin belum dapat memastikannya.

“Masih belum dapat informasi perubahan agenda yang menginap,” kata pria yang akrab dipanggil Ivan itu.

Nanti, lanjutnya, akan dicek kembali dan akan diinformasikan ke publik perkembangan soal agenda Jokowi kemah di IKN Nusantara itu.

Sekedar informasi, sejak Minggu (13/3/2022), Jokowi sudah berada di Kalimantan Timur. Hari ini, ia datang ke Titik Nol IKN yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Di lokasi tersebut, Jokowi menerima tanah dan air dari seluruh provinsi yang kemudian dicampur dan menjadi simbol persatuan dan kesatuan. Jokowi juga menanam pohon dan akan berkemah di tengah hutan dengan sebuah tenda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top