News

Jokowi Minta Relawan ‘Ojo Kesusu’ Pilih Jagoan 2024, Ini Kata JoMan

Jokowi Minta Relawan ‘Ojo Kesusu’ Pilih Jagoan 2024, Ini Kata JoMan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan terkait Pilpres 2024 kepada para relawannya. Mulanya dia menyebut relawannya akan menjadi rebutan banyak pihak untuk kepentingan Pilpres 2024.

“Saya tahu relawan Jokowi termasuk Seknas ini seksi, seksi. Pasti akan ditarik-tarik ke sana ke mari oleh para calon yang ingin maju pada pemilihan presiden 2024, akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara rapimnas Seknas Jokowi, Minggu (13/6/2021).

Jokowi kemudian membeberkan alasan relawannya akan ditarik banyak pihak untuk kepentingan Pilpres 2024. Dia menyebut relawannya telah berhasil mengantarkannya menuju ke ‘kursi’ Presiden untuk dua periode.

“Karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan, mengantarkan saya menjadi Presiden Republik Indonesia dua periode,” imbuhnya.

Jokowi lantas menyarankan para relawan tidak tergesa-gesa memilih jagoan 2024. Dia meminta mereka untuk terlebih dahulu mempelajari peta politik dengan baik.

“Saya menyarankan kepada para relawan untuk mengamati dulu, jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Mari kita pelajari bersama-sama kontestasi politik, kita pelajari bersama-sama peta politiknya dengan baik. Saya melihat masih ada waktu yang cukup untuk melakukan itu semuanya,” tegasnya.

Jokowi Bakal Kemudikan ‘Kapal Besar’ Relawannya

Jokowi menegaskan dirinya akan mengemudikan ‘kapal besar’ relawannya untuk kepentingan politik 2024. Mantan Wali Kota Solo itu akan membicarakan hal itu pada waktu yang tepat.

“Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya kan menyampaikan ke mana kapal besar relawan ini akan kemudinya, kita arahkan,” kata Jokowi.

Sementara itu, saat ini Jokowi meminta para relawannya turut memerangi pandemi Covid-19. Dia mengajak mereka untuk fokus membantu pemerintah mengatasi pagebluk itu.

“Dan, untuk saat ini, saya mengajak para relawan semuanya untuk fokus membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang disertai dengan krisis kesehatan dan juga krisis ekonomi,” sambungnya.

Jokowi juga meminta para relawan mengawal berbagai agenda strategis pemerintah dalam memajukan Indonesia. Dia berharap, melalui agenda strategis yang dijalankannya itu, Indonesia dikenal oleh dunia sebagai ‘negara pemenang’.

“Saya juga menaruh harapan besar pada Seknas untuk mengawal agenda-agenda strategis nasional menuju Indonesia maju. Karena, itu adalah legacy yang ingin kita berikan pada masyarakat bangsa dan negara. Kita ingin negara kita dikenal, bukan hanya sebagai Indonesia yang tangguh, tapi juga Indonesia yang tumbuh maju menjadi pemenang,” ungkapnya.

JoMan Siap Patuhi Arahan ‘Sang Nahkoda’

Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer alias Noel menyatakan pihaknya akan senantiasa mematuhi arahan Jokowi. Noel memastikan relawan Jokowi akan berhati-hati dalam memilih jagoan 2024.

“Semua relawan tetap tegak lurus Jokowi. Jika ada pilihan maka kita lebih memilih pemimpin yang bisa mengawal legacy Presiden. Agar, program Nawacita yang menjadi program prioritas tidak terbengkalai. Jadi kalau ada pemilu, yang pasti kita memilih atau mendukung pemimpin berikutnya harus memiliki jejak rekam dan komitmen tetap mengawal legacy Joko Widodo,” ucap Noel, Minggu (13/6/2021).

Noel kemudian menafsirkan arahan ‘Sang Nahkoda’ yang meminta para relawan agar tidak tergesa-gesa dalam memilih dan mendukung jagoan 2024. Menurut dia, arahan tersebut dimaksudkan agar para relawan tidak dimanfaatkan oleh politikus ‘busuk’.

“Soal grasa-grusu, yang disampaikan Presiden agar relawan jangan dimanfaatkan para politisi busuk. Dan, imbauan Presiden itu menjadi perhatian buah seluruh relawan agar jangan sampai dimanfaatkan para politisi busuk. JoMan tetap tegas lurus ke Jokowi,” tegasnya.

To Top