News

Jokowi Undang Ukraina dan Rusia ke KTT G20 Bali, Putin Dikonfirmasi Hadir

Jokowi Undang Ukraina dan Rusia ke KTT G20 Bali, Putin Dikonfirmasi Hadir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk hadir di KTT G20 Bali. Jokowi menyampaikan undangan itu beberapa waktu lalu saat menelpon Zelensky.

“Dalam pembicaraan per telepon kemarin, saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20,” ujar Jokowi lewat pernyataan pers, Jumat (29/4/2022).

Jokowi juga menyampaikan harapannya agar perang segera berakhir. Selain itu, selalu ada ruang untuk negosiasi perdamaian.

Kabar komunikasi antara Jokowi dan Zelensky sebelumnya juga terungkap lewat unggahan akun Twitter Zelensky. Awalnya ia menyampaikan terima kasih terkait dukungan kedaulatan dan integritas, serta posisi di PBB.

Lihat Juga: KTT G20 Indonesia Bakal Memanas, Putin Berencana Hadir di Bali

“Sempat berbincang dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas,” tulis Zelensky, seperti dikutip, Minggu (1/5/2022).

Zelensky juga menyampaikan terima kasih karena telah diundang untuk hadir di KTT G20 Bali.

“Terima kasih telah mengundang saya ke G20,” kata dia.

Putin Dikonfirmasi Hadir di KTT G20 Bali

Presiden Jokowi mengonfirmasi Presiden Rusia Vladimir Putin hadir di KTT G20. Jokowi mengonfirmasi kehadiran Putin usai dirinya menghubungi pemimpin Rusia itu via sambungan telepon. Dalam perbincangannya itu, Jokowi juga sempat membahas soal kondisi di Ukraina.

“Perbincangan per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina, termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina. Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri,” ujar Jokowi dalam siaran YouTube, Jumat (29/4/2022).

Dalam perbincangan tersebut, Jokowi menegaskan solusi damai harus diutamakan. Jokowi juga menyebut Indonesia siap berkontribusi dalam mengakhiri konflik Rusia dan Ukraina.

AS Tentang Kehadiran Rusia

Amerika Serikat (AS) pun menanggapi konfirmasi kehadiran Vladimir Putin di KTT G20 Bali. AS menekankan Presiden Joe Biden tetap menentang kehadiran Presiden Rusia di KTT G20.

“Presiden Joe Biden telah menyatakan secara terbuka penentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, seperti melansir AFP, Sabtu (30/4/2022).

Lihat Juga: AS – Kanada Walkout di Pertemuan Menkeu G20, Begini Tanggapan Sri Mulyani

Psaki juga mengatakan AS memang mempunyai hubungan dengan Indonesia. Ia menyinggung bahwa undangan RI ke Rusia untuk hadir di KTT G20 Bali telah dikirimkan sebelum invasi Moskow ke Ukraina.

Sementara Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jalina Porter mengatakan AS tak akan pernah bisa bersikap seperti biasanya dengan Rusia di agenda internasional. Namun, Porter tak berkomentar apakah AS akan hadir di KTT G20 Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top