News

JoMan Dukung Ganjar Jadi Capres, Relawan Jokowi Pecah?

JoMan Dukung Ganjar Jadi Capres, Relawan Jokowi Pecah?

Relawan Jokowi Mania alias JoMan mendeklarasikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024. Ini berarti JoMan tidak mematuhi arahan Presideon Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak tergesa-gesa melabuhkan dukungan terkait Pilpres 2024.

Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi tidak mempersoalkan sikap JoMan yang melabuhkan dukungan ke Ganjar. Menurut dia, hal itu merupakan hak politik setiap warga.

“Buat kami tidak masalah jika ada pendukung Jokowi yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres berikutnya. Bagi kami, itu adalah aspirasi dan hak politik setiap warga negara Indonesia,” kata Budi, Kamis (16/9/2021).

Budi menekankan Projo tidak mempermasalahkan deklarasi dukungan yang dilakukan JoMan untuk Ganjar. Dia menegaskan saat ini pihaknya fokus membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Silakan saja dan itu sah-sah saja. Kami dari Projo saat ini masih memprioritaskan program percepatan nasional. Menyelamatkan dan memerhatikan akses vaksin bagi masyarakat adalah yang utama saat ini,” tegas dia.

Lantas, apakah relawan Jokowi saat ini pecah? Menjawab pertanyaan itu, Budi memastikan relawan Jokowi tidak pecah. Dia juga menegaskan sikap Projo terkait dukungan capres 2024 masih mendukung arahan angsung dari Jokowi.

“Relawan Jokowi tidak pecah. Tapi tetap militant dan solid. Tunggu saja momentum yang tepat. Projo tunggu komando Jokowi soal capres. Yang pasti, kami akan dukung yang menjadi kehendaknya rakyat,” sambungnya.

NasDem: Sikap JoMan Rugikan Jokowi-PDIP

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali juga mengomentari sikap JoMan yang ‘mengumandangkan’ deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Ali meyakini dukungan itu tidak datang atas restu Jokowi.

“Saya tidak meyakini kalau kemudian orang-orang tersebut (JoMan) melakukan itu atas restu pak Jokowi. Kan yang dirugikan pak Jokowi, PDIP dirugikan kemudian terjadi lagi kegaduhan,” ucap Ali, Kamis (16/9/2021).

Ali kemudian menyarankan JoMan fokus membantu Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19. Pasalnya, hingga hari ini pandemi masih terus berlangsung.

“Relawan-relawan ini supaya lebih baik bantu pak Jokowi yang lagi fokus nanganin pandemi,” sambung dia.

PKB Sebut Caper

PKB juga menyuarakan komentar terkait sikap JoMan yang melabuhkan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Adalah Ketua DPP PKB Daniel Johan menilai JoMan acap kali cari perhatian alias caper.

“JoMan lagi caper terus. Kemarin perpanjangan masa jabatan, sekarang beda lagi,” kata Daniel, Kamis (16/9/2021).

Senada dengan NasDem, Daniel juga menyarankan JoMan membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Menurut dia, JoMan bisa membantu dengan cara menyerap ‘suara’ masyarakat dan memberikan jalan keluar.

“Harusnya fokus bantu Presiden Jokowi atasi dampak pandemi. Bantu serap aspirasi masyarakat, suarakan dan beri jalan keluar sehingga masyarakat merasa tidak ditinggal seperti nasib para peternak,” tegasnya.

Sebelumnya, JoMan menyatakan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. JoMan menilai Ganjar sangat cocok menjadi penerus Jokowi sebagai Presiden RI.

“Akar rumput memang menghendaki Ganjar jadi The Next Jokowi. GP (Ganjar Pranowo) punya potensi besar untuk jadi presiden,” kata Ketua JoMan Immanuel Ebenezer alias Noel.

Noel menyebut Ganjar sudah mumpuni secara prestasi dan pengalaman. Selain itu, lanjut dia, posisi Ganjar di sejumlah survei Pilpres 2024 juga sangat bagus.

“Surveinya juga sangat bagus. Kita bisa lihat berbagai survei yang menjagokan dia. Ganjar selalu masuk dua besar,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top