News

JoMan Mantap Dukung Ganjar Capres 2024, Apa Alasannya?

JoMan Mantap Dukung Ganjar Capres 2024, Apa Alasannya?

Relawan Jokowi Mania alias JoMan telah mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres 2024. JoMan menyatakan betul-betul mantap mendukung Ganjar sebagai ‘next presiden’ pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Apa alasan yang mendorong JoMan melabuhkan dukungan kepada Ganjar?

Ketua JoMan Immanuel Ebenezer mulanya menegaskan pihaknya siap menghadapi dampak yang terjadi setelah menyatakan dukungan kepada Ganjar. Pria yang akrab dipanggil Noel itu memastikan mantap mendukung Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres 2024.

“Kalau orang di luar sinis atas sikap kita, itu adalah risiko. Sikap kita nggak berubah, tetap dukung mas Ganjar Pranowo 2024 buat RI 1,” jelas Noel, Jumat (17/9/2021).

Noel menegaskan keputusan deklarasi dukungan tersebut didorong oleh hati nurani yang sulit dilawan. Dia mengatakan tidak ada sosok yang dikhianati dalam hal dukung-mendukung ini, termasuk Jokowi.

“Nggak ada yang dikhianati dalam hal ini. JoMan tetap tegak lurus Jokowi dan relawan Jokowi tetap solid dan satu suara. Sikap JoMan hari ini karena kita diperintah oleh hati nurani kita yang nggak mungkin kita lawan,” tegasnya.

Noel menjelaskan apa yang dilakukan JoMan hari ini tidak berbeda seperti ketika melabuhkan dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2014. Dia mengatakan keputusan mendukung Jokowi juga didorong oleh hati nurani.

“Sama halnya ketika kita mendukung Jokowi pada periode pertama dan kedua. Kita semua para pendukung beliau diperintah oleh pilihan hati nurani kita,” sambungnya.

JoMan Jatim Klaim Ganjar Didukung Relawan Jokowi Se-Indonesia

Di sisi lain, Ketua DPD JoMan Jawa Timur Warto Adi mengklaim relawan Jokowi se-Indonesia melabuhkan dukungan kepada Ganjar secara capres 2024. Warto menegaskan seluruh relawan Jokowi bergerak dalam satu komando.

“Seluruh relawan Jokowi di seluruh Indonesia satu komando, mendukung pak Ganjar capres. Semua satu komando,” kata Warto, Jumat (17/9/2021).

Warto membeberkan alasan JoMan Jatim ikut mendeklrasikan dukungan kepada Ganjar sebagai capres 2024. Dia mendorong Ganjar berpasangan dengan Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang.

“Kami JoMan Jatim mendeklarasikan pak Ganjar Pranowo berpasangan dengan Erick Thohir. Alasan kita mendukung Ganjar adalah perwakilan generasi muda. Sudah saatnya negara ini dipimpin oleh para generasi muda yang mempunyai visi ke depan untuk kemajuan bangsa Indonesia,” terangnya.

Bagaimana dengan Wacana Presiden 3 Periode?

Lebih lanjut, Ketua JoMan Immanuel Ebenezer alias Noel berbicara soal wacana presiden 3 periode yang berkali-kali ditolak oleh Jokowi. Noel mengatakan sikap tegas Jokowi mengindikasikan pihaknya tidak perlu lagi membicarakan lebih lanjut wacana tersebut.

“Kita ikut sikap Presiden yang telah menolak. Pertama, gagasan 3 periode. Kedua, wacana perpanjangan pemerintahan Jokowi untuk 3 tahun. Dengan sikap dan pandangan Presiden seperti itu, maka menurut kami sudah tidak relevan lagi untuk membicarakan persoalan 3 periode dan wacana perpanjangan,” kata Noel.

Noel menegaskan JoMan sebenarnya pengin Jokowi masih menjadi puncak pimpinan di negeri ini. Namun, mereka menyadari adanya aturan konstitusi yang mengharuskan jabatan presiden tidak lebih dari 2 periode.

“Relawan Jokowi ini kan masih berharap Jokowi ini untuk memimpin. Problemnya kana da batasan konstitusi yang tidak memungkinkan Jokowi melanjutkan kekuasaannya,” terangnya.

Atas dasar itu, JoMan melabuhkan dukungan kepada Ganjar sebagai capres 2024. Menurut dia, Ganjar memiliki integritas yang tinggi dan merakyat.

“Atas pertimbangan itulah JoMan coba menggagas calon ke depan ini siapa. Dan, hari ini kita lihat jatuhnya ke mas Ganjar. Beliau sosok yang memiliki integritas, memiliki komitmen kebhinekaan dan tidak kalah penting, beliau (juga) merakyat,” ungkap Noel.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top