News

Kapal Tenggelam di Malaysia, 21 Migran Asal Indonesia Tewas

Kapal Tenggelam di Malaysia, 21 Migran Asal Indonesia Tewas

Insiden kapal tenggelam di Malaysia terjadi pada Rabu (15/12/2021). Mengutip AFP, pihak berwajib Malaysia menyatakan kapal motor tersebut tenggelam di tengah badai dan ditumpangi oleh para imigran ilegal. Mereka biasa memasuki wilayah Malaysia lewat jalur laut menuju Johor, Malaysia.

Doiketahui kapal tersebut membawa 60 migran asal Indonesia dan tenggelam di wilayah perairan Johor. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Baru mengatakan menurut data terakhir 21 warga negara Indonesia (WNI) tewas akibat insiden itu.

“Hingga per 17 Desember 2021, jumlah korban yang meninggal dunia yaitu 21 orang (15 pria dan enam wanita) dan jumlah korban selamat 13 orang (11 pria dan dua wanita),” terang KJRI Johor Baru melalui Instagram, Jumat (17/12/2021).

Lihat Juga: Kecelakaan Kapal Laut Paling Menakutkan

Sementara ini, 13 orang korban selamat kapal tenggelam di Malaysia tersebut masih diamankan oleh Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) Negeri Johor.

Selain itu, KJRI Johor juga menginformasikan bahwa dari hasil identifikasi serta verifikasi dari korban selamat, diketahui sembilan penumpang berasal dari Lombok. Selain itu, satu penumpang berasal dari Batam, satu dari Pekanbaru, satu orang dari Jember, dan satu orang dari Tanjung Balai Karimun.

Sebanyak tiga jenazah juga sudah diverifikasi oleh keluarga, yaitu inisial M dari pekanbaru, BB dan SM dari Lombok Tengah.

“Satgas KJRI Johor Baru sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan instansi terkait untuk proses repatriasi jenazah menuju daerah asal di Indonesia,” ujar KJRI.

Beberapa waktu lalu, dilaporkan adanya kapal imigran tenggelam di Indonesia yang mengangkut para migran asal Indonesia. Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Lihat Juga: Kapal Feri Terbalik, Personel SAR Diterjunkan Untuk Evakuasi Korban

Sebelumnya, otoritas Malaysia juga telah menahan 22 korban selamat dari insiden ini. Dimana korban selamat itu terdiri dari 20 pria dan dua perempuan.

Mengutip Reuters, korban selamat tersebut ditemukan di pantai Tanjung Balau, Malaysia. Hingga kini pihak berwenang masih melakukan pencarian terhadap korban kapal tenggelam di Malaysia tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top