News

Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Mulai Hari Ini! Berikut Proses Pelaksanaannya

Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Mulai Hari Ini! Berikut Proses Pelaksanaannya

Program Kartu Prakerja Gelombang 23 telah dibuka mulai hari ini, Kamis (17/2/2022). Pada minggu pertama ini kuota yang disediakan adalah 500.000 peserta. Sementara itu, untuk proses pelaksanaan Program Kartu Prakerja Gelombang 23 ini masih sama dengan gelombang sebelumnya.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan, jumlah bantuan yang diberikan pun sama seperti sebelumnya yaitu Rp3.350.000. Rinciannya yaitu biaya pelatihan Rp1 juta, insentif Rp2,4 juta dan insentif survey Rp150.000.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23

Mengutip laman prakerja.go.id, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk menjadi peserta Kartu Prakerja.

Pertama, peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun.

Kedua, calon peserta tidak dalam menjalani pendidikan formal baik tingkat dasar, menengah atau tinggi.

Ketiga, peserta adalah pencari kerja, pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja alias PHK, pekerja yang butuh peningkatan kompetensi dan buruh yang dirumahkan.

Lihat Juga: Sah! Program Pelatihan Kartu Prakerja Dihapus

Bukan hanya itu, wiraswasta termasuk pemilik usaha kecil hingga menengah dan pekerja migran juga bisa mengikuti program Kartu Prakerja Gelombang 23. Airlangga memastikan pekerja migran bakal mendapatkan kuota khusus pada Kartu Prakerja edisi ini.

Keempat, calon peserta tidak termasuk dalam penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah. Calon peserta bukan anggota TNI/Polri, pejabat negara, pejabat daerah, pejabat desa, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN maupun BUMD.

Terakhir, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja hanya memperbolehkan dua orang dalam satu Kartu keluarga (KK) yang bisa menjadi penerima program ini.

Sejauh ini, program Prakerja yang telah berjalan sejak April 2020 ini sudah menerima 11,4 juta peserta yang terbagi dalam 22 gelombang.

Airlangga menyebut pada Kartu Prakerja Gelombang 23 ini kuota akan diprioritaskan untuk beberapa daerah. Hal ini untuk memenuhi target pemerintah dalam menekan kemiskinan ekstrem di 220 kabupaten/kota

Jika Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PMO Kartu Prakerja, maka Anda bisa mendaftarkan diri lewat www.prakerja.go.id.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top