News

Kartu Prakerja Gelombang 3 Belum Diterbitkan, Apakah Berlanjut?

Kartu Prakerja Gelombang 3 Belum Diterbitkan, Apakah Berlanjut?

Project Management Office (PMO) Program Prakerja menunda pengumuman peserta Kartu Prakerja gelombang tiga hingga waktu yang ditentukan. Bagaimana dengan gelombang keempat?

Seharusnya pengumuman peserta Pra Kerja gelombang 3 dilakukan pada Selasa (6/5/2020), namun hingga hari Jumat ini (8/5/2020) belum juga diumumkan peserta yang lolos gelombang tiga jadi peserta Kartu Prakerja.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan pengumuman peserta gelombang empat belum ditentukan.

“Namun arahannya menunggu pendaftaran dari pekerja yang telah didata oleh Kemenaker (Kementerian Ketenagakerjaan). Kami memberikan kesempatan waktu lebih lama pada 1,7 juta pekerja terdampak Covid-19 dari data Kemenaker untuk daftar di situs Prakerja sebagai kelompok yang diproritasnya,” ujarnya, Jumat (8/5/2020).

Panji menjelaskan 1,7 juta pekerja yang didata Kemenaker ini sudah pasti jadi peserta Kartu Prakerja asal mereka mendaftar dan berhasil diverifikasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Panji menjelaskan pihaknya menunda pengumuman peserta gelombang tiga karena ingin fokus menyelesaikan masalah backlog pembayaran tagihan biaya pelatihan kepada Lembaga Pelatihan.

Hal ini terjadi karena sistem yang ada sekarang masih semi manual dan belum full otomasi sehingga butuh waktu lebih lama untuk rekonsiliasi transaksi dan settlement dengan lembaga pelatihan.

Hingga saat ini baru ada 456.265 peserta Kartu Prakerja. Rinciannya, 168.111 orang peserta gelombang pertama dan 288.154 orang gelombang kedua. Kartu Prakerja ini sendiri menargetkan 5,6 juta peserta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top