News

Kasus Formula E, Muncul Isu Anies Baswedan Jadi ‘Target’ KPK

Anies Baswedan Terseret Kasus Formula E

Muncul isu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi ‘target’ Pimpinan KPK dalam kasus dugaan korupsi Formula E. Lalu seperti apa respons KPK?

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan Formula E yang berasal dari pengaduan masyarakat. Ali menyampaikan hingga kini KPK masih mengumpulkan informasi.

“KPK pun masih terus mengumpulkan informasi yang diperlukan, salah satunya juga telah memanggil Gubernur DKI Jakarta untuk dimintai keterangannya,” ungkap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikr, Senin (3/10/2022).

Ali membenarkan bahwa KPK sudah melakukan gelar perkara terkait kasus tersebut. Tim KPK pun menjelaskan hasil pengumpulan informasi untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pihak yang menghadiri forum tersebut.

“Pembahasan dilakukan secara konstruktif dan terbuka dalam forum tersebut. Semua peserta ekspos punya kesempatan sama untuk menyampaikan analisis maupun pandangannya” kata dia.

Ia memaparkan dalam proses yang digelar terbuka itu, penanganan kasus di KPK tidak bisa diatur. Bahkan, penanganan tersebut juga tidak bisa dipaksakan menurut keinginan pihak tertentu.

Lihat Juga: Polemik Formula E Jakarta 2022, dari Sindiran Giring Ganesa hingga BUMN Tak Beri Sponsor

Ali pun menyayangkan adanya isu Pimpinan KPK yang disebut memaksakan penanganan kasus Formula E. menurut dia, KPK sudah menangani perkara ini secara terbuka pada seluruh pihak yang ikut dalam ekspos tersebut.

Tanggapan Anies Soal Isu Dirinya Dipaksakan Jadi Tersangka Kasus Formula E

Anies dicecar pertanyaan oleh wartawan saat hadir di kantor MPN Pemuda Pancasila, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (1/10/2022). Ia ditanya soal laporan Koran Tempo terkait Ketua KPK Firli Bahuri yang memaksakan dugaan kasus Formula E masuk penyidikan. Salah seorang anggota Pemuda Pancasila lalu mengajukan pertanyaan pada Anies.

“Sudah baca Tempo? Bagus,” ucap orang tersebut saat menghampiri Anies.

“Baru lihat saya,” jawab Anies kepada anggota Pemuda Pancasila tersebut.

Lihat Juga: Resmi! Anies Baswedan Jadi Capres Partai NasDem

Anggota Pemuda Pancasila tersebut lalu mengatakan laporan Tempo terkait pimpinan KPK memaksakan penyidikan kasus Formula E itu mencengangkan. Anies pun tidak banyak memberi tanggapan.

“Bagus, mencengangkan,” lanjut anggota Pemuda Pancasila.

“Siap-siap,” timpal Anies Baswedan.

Perlu diketahui, KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap Anies terkait kasus Formula E. Anies pun mengaku senang dapat membantu Lembaga anti rasuah itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top