News

Kata Anggota DPR Soal Munarman Ditangkap Densus 88

Kata Anggota DPR Soal Munarman Ditangkap Densus 88

Densus 88 menangkap Munarman terkait dugaan terlibat kegiatan baiat teroris di UIN Jakarta, Makassar dan Medan. Menanggapi hal itu, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengingatkan aparat penegak hukum memberikan perlakuan yang sama kepada semua warga negara, termasuk Munarman.

“Polisi juga harus segera memberikan keterangan resmi terkait status pembuatan melawan hukum yang telah dilakukan Munarman. Sebab, semua warga negara harus diperlakukan sama di depan hukum. Karena itu, Munarman pun harus diproses sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Jazilul, Rabu (28/4/2021).

Jazilul mengatakan polisi akan ‘bergerak’ setelah mendapati bukti yang cukup. Oleh kerena itu, dai meyakini polisi memiliki bukti yang kuat bahwa Munarman melakukan pelanggaran hukum sehinga dilakukan penangkapan kepadanya.

“Polisi tidak dapat melakukan tindakan penangkapan tanpa bukti dan keterangan yang cukup. Kami yakin sudah ada bukti permulaan yang cukup dan menunggu status hukum perbuatan yang melanggar hukum,” tegasnya.

Habiburokhman Minta Profesionalitas dalam Penegakan Hukum

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman meminta aparat penegak hukum bekerja secara profesional terkait penangkapan Munarman atas dugaan terlibat kegiatan baiat teroris. Habiburokhman mengaku masih menunggu informasi yang lebih lengkap dari aparat penegak hukum.

“Kami masih menunggu informasi yang lebih detail dan lengkap dari pihak Densus soal dugaan keterlibatan pak Munarman dalam aksi terorisme. Namun, kami berharap agar penegakan hukum dilakukan secara profesional sesuai dengan bukti-bukti serta fakta hukum yang ada,” ungkap Habiburokhman, Rabu (28/4/2021).

Politikus Gerindra itu mengingatkan aparat penegak hukum untuk menghormati hak-hak Munarman sebagai tersangka. Hal ini, lanjutnya, penting dilakukan agar terhindar dari munculnya spekulasi politik.

“Demi menghindari spekulasi politik, kami ingatkan agar hak-hak pak Munarman sebagai tersangka tetap dihormati sebagaimana diatur dalam KUHAP. Di antara hak tersangka adalah hak untuk didampingi penasihat hukum dan hak dikunjungi keluarga pada setiap tingkat pemeriksaan,” sambungnya.

Fadli Zon: Penangkapan Munarman Kurang Kerjaan

Di sisi lain, anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon mengaku tidak percaya Munarman terlibat kegiatan baiat teroris di tiga kota. Fadli Zon menilai penangkapan mantan Sekretaris Umum FPI itu seperti kurang kerjaan.

“Saya mengenal baik Munarman dan saya tidak percaya dengan tuduhan teroris ini. Sungguh mengada-ada dan kurang kerjaan,” ujar Fadli Zon melalui akun Twitter-nya @fadlizon, Rabu (28/4/2021).

Adapun kuasa hukum Munarman, Hariadi Nasution menepis dugaan kliennya terlibat dalam kegiatan baiat teroris di tiga kota. Hariadi menegaskan pihaknya tidak pernah mendukung tindakan ISIS.

“Bahwa terhadap tuduhan keterlibatan klien kami dengan ISIS, sejak awal klien kami dan ormas FPI telah secara jelas membantah keras. Karena, menurut klien kami tindakan ISIS tidak sesuai dengan yang diyakini oleh klien kami,” terang Hariadi, Rabu (28/4/2021).

Hariadi mengklaim Munarman tidak sejalan dengan tindakan terorisme. Oleh karena itu, lanjut dia, kliennya kerap mengajak masyarakat menjauhi tindakan yang berbau terorisme.

“Bahwa klien kami justru pada beberapa kesempatan selalu memperingatkan kepada masyarakat luas akan bahaya situs-situs dan/atau ajakan-ajakan yang mengarah kepada aksi-aksi terorisme dan tindakan inkonstitusional lainnya,” tambahnya.

Diketahui, Densus 88 menangkap Munarman di rumahnya, di Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021) kemarin. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menerangkan eks petinggi FPI itu bermufakat jahat melakukan tindakan terorisme.

“Munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme,” jelas Argo.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top