News

Kata Luhut Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024: Pemilih Demokrat, Gerindra, PDIP Setuju

Kata Luhut Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024: Pemilih Demokrat, Gerindra, PDIP Setuju

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemilih dari Partai Demokrat, Gerindra, PDIP dan beberapa lain mendukung wacana penundaan Pemilu 2024. Klaim Luhut soal penundaan pemilu itu juga termasuk perpanjangan masa jabatan presiden.

Luhut mengklaim hal tersebut berdasarkan big data berupa percakapan dari 110 juta pengguna media sosial. Sejauh ini, Demokrat, Gerindra dan PDIP menolak usulan penundaan pemilu.

"Nah, itu yang rakyat ngomong. Nah, ini kan ceruk ini atau orang-orang ini ada di Partai Demokrat, ada di Partai Gerindra, ada yang di PDIP, ada yang di PKB, ada yang di Golkar, di mana-mana kan ceruk ini," ujar Luhut di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (11/3/2022).

Lihat Juga: PDIP dan Gerindra Tolak Penundaan Pemilu 2024!

Big data tersebut, kata dia, menunjukkan ketidaksetujuan masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu di masa pandemi. Ia mengatakan masyarakat tidak ingin dana Rp110 triliun digunakan untuk penyelenggaraan pemilu.

Ia juga menilai aspirasi dari rakyat itu merupakan bagian dari demokrasi. Terkait wacana tersebut direalisasikan atau tidak, nantinya jadi ranah MPR sebagai pihak yang dapat mengubah atau mengamandemen UUD 1945 terkait pasal jadwal pemilu.

Wacana Penundaan Pemilu 2024 Diusulkan Ketum Parpol

Wacana penundaan Pemilu 2024 muncul setelah beberapa ketua umum partai politik mengusulkannya. Diawali oleh pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kemudian disusul Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato.

Lihat Juga: Usulan Pemilu 2024 Ditunda, Pengkhianatan Terhadap Reformasi dan Demokrasi

Mereka menyebut rakyat tak ingin pemulihan ekonomi pasca pandemi terganggu apabila pemungutan suara dilangsungkan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Berdasarkan laporan CNNIndonesia.com, diketahui Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan adalah tokoh dibalik wacana penundaan Pemilu 2024. Disebutkan Luhut meminta beberapa ketua umum parpol untuk berbicara di depan publik soal dukungannya menunda pemilu.

Juru Bicara Luhut, yaitu Jodi Mahardi pun angkat bicara. Ia mengakui bahwa Luhut Binsar Pandjaitan memang kerap berjumpa dengan tokoh politik. Namun dia menolak usulan penundaan pemilu tersebut berasal dari Luhut.

Lihat Juga: Sikap Jokowi Soal Penundaan Pemilu 2024, Faldo: Sudah Jelas, Tak Usah Diotak-atik!

Luhut sendiri sudah menegaskan bahwa wacana tersebut berasal dari masyarakat dan bukan ide dari Presiden Joko Widodo. Ia juga mencibir para pihak yang mengkritik usulan tersebut. menurutnya pihak-pihak yang menolak penundaan pemilu khawatir tidak bisa mencalonkan diri pada 2024.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top