News

Kecelakaan Balikpapan: 4 Orang Tewas hingga Pengakuan Sopir Truk Tronton

Kecelakaan Balikpapan: 4 Orang Tewas hingga Pengakuan Sopir Truk Tronton

Polisi memperbarui jumlah korban kecelakaan Balikpapan yang meninggal akibat tertabrak truk tronton di Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Polisi menyebut empat orang meninggal dunia, bukan lima.

"Meninggal dunia empat orang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Jumat (21/1/2022).

Dedi mengatakan satu korban kecelakaan maut Balikpapan lainnya dalam kondisi kritis. Sementara itu, ada 21 orang lainnya yang mengalami luka-luka.

"Kritis satu orang, luka berat empat orang, luka ringan 17 orang," tuturnya.

Sebelumnya, laporan sementara mengungkapkan ada lima pengendara meninggal dunia di lokasi dan empat korban lainnya luka berat. Para korban langsung dilarikan menuju tiga rumah sakit terdekat, yaitu RSUD Kanujoso, RS Beriman dan RS Ibnu Sina.

"Yang kami prioritaskan penanganan evakuasi korban, dan lain sebagainya, lalu melakukan olah TKP di lapangan," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf.

Lihat Juga: Korban Tewas Kecelakaan Bus Masuk Jurang Di Sumedang

Kecelakaan Balikpapan tersebut terjadi saat truk tronton menabrak barisan kendaraan yang menunggu lampu merah. Kamera pengawas alias CCTV sempat merekam detik-detik kecelakaan maut Balikpapan tersebut terjadi.

Dari video yang beredar, tampak sejumlah pengendara memenuhi lajur kanan dan kiri sambil menunggu lampu merah, Jumat (21/2/2022). Seketika, pada sekitar pukul 05.00 WITA truk tronton melaju tak terkendali dari arah belakang dan langsung menabrak puluhan pengendara tersebut.

Pengakuan Sopir Truk Tronton Penyebab Kecelakaan Balikpapan

Kepolisian mengungkap pengakuan sopir truk tronton yang menabrak sejumlah kendaraan tersebut. Sopir yang diketahui bernama M Ali (47) itu mengaku pompa angin rem truk yang dikendarainya tak berfungsi.

"Keterangan sopir truk tronton, pompa angin rem tidak berfungsi," ungkap Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Lihat Juga: 5 Fakta Kecelakaan Valfero Muzamil, Korban Kecelakaan Lain Gaga Muhammad

Dedi mengatakan truk yang dikendarai Ali itu mengalami rem blong ketika melintas di lampu merah Persimpangan Muara Rapak. Akibatnya, truk tronton tersebut langsung menyeruduk sejumlah kendaraan.

"Sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," tuturnya.

Sebelumnya, polisi telah mengamankan sopir truk truk tronton tersebut. Sopir yang menyebabkan kecelakaan Balikpapan hingga mengakibatkan beberapa korban jiwa itu diamankan ke Polresta Balikpapan.

"Pengemudi (tronton) sudah kami amankan ke Polresta Balikpapan," Yusuf, Jumat (21/1/2022).

"Muatan kontainer 20 feet berisi kapur pembersih air dengan berat 20 ton yang hendak diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat," sambungnya.

Sopir disebut telah menurunkan gigi persneling dari empat ketiga, tetapi upaya tersebut tak berhasil lantaran rem blong.

"Rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju (kencang) dan menabrak yang ada di depannya dan pada saat kejadian TL (traffic light) Muara Rapak warna merah," jelas dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top