News

Kehadiran Puan Maharani di IPU Jadi Simbol Peran Wanita di Dunia

Kehadiran Puan Maharani di IPU Jadi Simbol Peran Wanita di Dunia

DPR RI jadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali. Dengan begitu, kehadiran Ketua DPR RI Puan Maharani di IPU pun ikut jadi pemimpin dalam penyelenggaraan tersebut.

Puan menyebut, pembukaan sidang IPU ke-144 diikuti oleh 115 negara dengan 1.000 orang delegasi. Sementara itu, ketua parlemen negara peserta sidang tersebut yang hadir sebanyak 33 orang.

Lihat Juga: Kata PDIP Soal Deklarasi Ganjar Hingga Puan: Terlalu Dini

Kepemimpinan Puan di acara itu pun jadi sorotan, terutama bagi Sekjen IPU yang menyebutkan bahwa kepemimpinan Puan jadi simbol peran perempuan di dunia.

“Kepemimpinan Puan Maharani di penyelenggaraan IPU sekarang menjadi simbol kepemimpinan perempuan dunia,” ucapnya saat konferensi pers bersama Puan dan Presiden IPU Duarte Pacheco di lokasi acara, di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Sabtu (19/3/2022).

Ia juga mengatakan bahwa diharapkan akan ada lebih banyak lagi wanita Indonesia yang ikut dalam pembangunan dunia, lewat perannya di parlemen seperti Puan Maharani.

Indonesia Dipercaya Sebagai Tuan Rumah

Pembukaan Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali, jadi wujud kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia jadi pemimpin dunia.

Puan menyebut, Indonesia dianggap mempunyai kemampuan luar biasa dalam menggelar acara berskala internasional.

"Indonesia memiliki pengalaman yang banyak dan juga fasilitas yang memadai dalam penyelenggaraan event besar," kata dia.

Lihat Juga: Sindiran Dan Pembelaan Saat Puan Tanam Padi Bareng Petani Dengan Hujan-Hujanan

Menurut Puan acara ini juga bisa menjadi momentum untuk mengenalkan Indonesia supaya diperhitungkan oleh dunia internasional.

"Hal tersebut sekaligus menepis stigma bahwa Indonesia tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun sumber daya manusianya juga dapat lebih diperhitungkan demi kemajuan Indonesia,” ujar Puan Maharani di IPU.

Puan Maharani di IPU Tekankan Pentingnya Perdamaian

Dalam pembukaan forum internasional itu, Puan menegaskan pentingnya perdamaian dunia saat ini. Puan mengatakan, Majelis IPU ke-144 bisa menjadi momentum bagi Parlemen untuk menyerukan budaya damai (culture of peace).

Yaitu dengan selalu menyebarkan toleransi, dialog dan menolak kekerasan. Bukan itu saja, Puan juga menyinggung krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh konflik Rusia vs Ukraina yang baru-baru ini terjadi.

Lihat Juga: Megawati : Pokoknya Mbak Puan Menko

Lewat upaya damai, perang diharapkan segera berakhir, bukan lagi gencatan senjata antara dua negara yang terlibat.

Kehadiran Puan Maharani di IPU juga menekankan pentingnya penghormatan terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top