News

Kena Tilang, Langsung Denda Maksimal

Dishub DKI mengajukan penerapan langsung peraturan perundang-undangan tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Penerapan dimaksud adalah dengan denda maksimal Rp. 500 Ribu atau kurungan dua bulan penjara.

Koordinasi-pun dilakukan pemerintah DKI Jakarta, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk dapat menerapkan denda maksimal sesuai dengan perundang-undangan. Penerapan tersebut diharapkan dapat memberikan efek jera bagi pelanggar.

Sunardi Sinaga, selaku Wakil Kepala dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mengatakan (26/4), “Hari ini kita lakukan koordinasi kembali, jadi kalau yang melanggar langsung saja kena denda maksimal seperti yang ada pada peraturan.”

Denda tersebut dikhususkan untuk pelanggaran contra flow dan masuk jalur bus Transjakarta, karena banyak kecelakaan yang terjadi pada jalur Transjakarta, Ujarnya.

Sunardi menambahkan, “Headway bus Transjakarta dua sampai lima menit dapat dicapai dan tidak terganggu, kalau denda maksimal dapat diberlakukan yang melanggar juga mikir-mikir.”

Dengan Headway yang tidak terlalu lama diharapkan masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi dapat beralih ke kendaraan umum, dengan itu kondisi jalan di Jakarta lancar.

Sunardi menegaskan, “Sama seperti kita uji cobakan bus ke daerah penyangga jadi agar masyarakat meninggalkan kendaraanya disana langsung naik busway kita, perbaikan layanannya terus ditambah.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top