News

Kengerian ‘Tsunami’ COVID-19 Di India, Fasilitas Kesehatan Penuh Hingga Pasokan Oksigen Menipis

Kengerian ‘Tsunami’ COVID-19 Di India, Fasilitas Kesehatan Penuh Hingga Pasokan Oksigen Menipis

Pada hari Kamis (22/4/2021), dalam laporannya kasus harian COVID-19 di India dalam sehari yaitu 314.835 kasus. Jumlah tersebut menjadikan India memecahkan rekor sebagai negara dengan kasus Covid-19 tertinggi dalam satu hari di dunia.

Bahkan sejumlah Rumah sakit di New Delhi dan wilayah India Utara dan Barat telah memberitahukan bahwa stok oksigen sangat menipis. Selain oksigen, kondisi rumah sakit di Kota New Delhi juga disebut sudah sepertiga penuh.

“Kondisinya betul-betul.. Pasien kesusahan dapat tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19. Ada kekurangan oksigen parah,” kata Dr Kirit Gadhavi, kepala Indian Medical Association seperti dikutip dari media Reuters.

Menurut perhitungan pemerintah kota, setidaknya 6 rumah sakit di Ibu Kota New Delhi telah kehabisan oksigen. Sementara, Satyendar Jain, Menteri Kesehatan New Delhi menatakan kota itu membutuhkan setidaknya 5.000 tempat tidur untuk perawatan intensif.

Kematian Akibat COVID-19 Di India Membludak

Lonjakan pasien meninggal akibat COVID-19 membuat krematorium ataupun petugas pemakaman di India kewalahan. Kini, fasilitas kremasi massal sementara dibuka di lokasi-lokasi yang tidak umum, seperti area parkir maupun lapangan terbuka.

Seperti yang dialami oleh salah satu warga New Delhi, Nitish Kumar yang terpaksa membawa jenazah ibunya selama 2 hari ke rumah. Sedangkan ia sibuk mencari krematorium yang masih tersedia di kota.

Pada hari tersebut, sebanyak 78 jenazah dikremasi di tempat yang sama dan tidak bisa menampung jenazah lain. Akhirnya pada hari Kamis (22/4/2021), Kumar bisa mengkremasi jenazah ibunya di tempat parkir di Seemapuri, timur laut New Delhi.

“Saya berlari dari tempat ke tempat tapi tiap krematorium penuh dan fasilitas habis. Ada yang mengatakan mereka kehabisan kayu bakar,” kata Kumat, dikutip Reuters, Sabtu (24/4/2021).

China Siap Bantu India

Baru-baru ini China menyatakan ketersediaannya untuk membantu dan memberikan dukungan yang dibutuhkan India dalam menghadapi ‘tsunami’ COVID-19. Melonjaknya kasus COVID-19 di India secara besar-besaran diketahui sangat membebani infrastruktur kesehatan negara tersebut.

Menurut laporan media pemerintah, Beijing dan India tengan berkomunikasi terkait bantuan atau dukungan apa yang dibutuhkan.

Lihat Juga: Warga Negara India Eksodus Ke RI, Begini Kata Imigrasi

“Pemerintah China dan rakyat akan tegas mendukung #India dalam menghadapi pandemi #COVID19 dan mau memberikan dukungan serta bantua sesuai kebutuhan pihak India,” tutur jubir Kemenlu China Lijian Zhao, dikutip dari Global Times.

Namun, masih belum diketahui apakah China akan membantu memerangi COVID-19 di India secara resmi. Sebelumnya, China juga membantu India pada April 2020 lalu dengan mengirimkan pasokan medis terkait virus corona.

Tahun lalu, India juga bergabung dengan negara-negara yang membantu Beijing untuk memberikan uluran tangan selama wabah COVID19 terparah di China. India mengirimkan 15 ton kebutuhan medis yang terdiri dari sarung tangan, masker, dan peralatan medis lainnya.

To Top