News

Kepala Otorita IKN Nusantara Segera Dilantik, Apa Saja Tugasnya?

Kepala Otorita IKN Nusantara Segera Dilantik, Apa Saja Tugasnya?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara digelar, Kamis 10 Maret 2022 sore WIB.

“Untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di situs Setkab, Kamis (10/3/2022).

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara pukul 15.00 WIB. Selain itu, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, Presiden juga akan melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sudirman Sulaiman untuk masa jabatan 2022-2023.

Heru mengatakan, acara pelantikan tiga pejabat tersebut bakal disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Lihat Juga: 10 Maret, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Donny Rahajoe sendiri telah menanggapi kabar dirinya bakal dilantik menjadi Wakil Kepala IKN Nusantara. Ia merasa terhormat jika memang dilantik  hari ini.

Donny Sendiri adalah petinggi perusahaan Sinar Mas Land. Berdasarkan laman Sinar Mas Land, Donny Rahajoe menempati jabatan Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Masa Jabatan dan Tugas Kepala Otorita IKN Nusantara

Berdasarkan UU IKN masa jabatan kepala dan wakil kepala otorita selama lima tahun dan bisa ditunjuk lagi dengan masa jabatan yang sama.

Kepala Otorita IKN bertugas untuk merespons perkembangan masa digital saat ini, untuk memudahkan pelaksanaan semua urusan pembangunan ibu kota baru. Kedudukan Kepala Otorita IKN Nusantara setara dengan menteri yang ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh Presiden usai berkonsultasi kepada DPR RI.

Lalu, di RUU IKN yang telah disahkan DPR, Kepala Otorita IKN Nusantara adalah kepala Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Negara Nusantara. Ada pula Wakil Kepala IKN yang tugasnya membantu tugas-tugas serta fungsi Kepala Otorita.

Lihat Juga: PKS Soroti Proyek IKN: Bahaya Kalau Dikebut!

IKN Nusantara sendiri dibangun dengan konsep smart city alias kota yang cerdas. Kota ini bakal menggambarkan sebuah kota dengan kinerja baik yang berpandangan kepada ekonomi, pemerintahan, penduduk, mobilitas dan lingkungan hidup.

Konsep smart city mengutamakan keamanan siber. Oleh karena itu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang bekerjasama dengan kementerian terkait terus mempersiapkan berbagai hal mendasar yang diperlukan dalam pembangunan IKN Nusantara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top