News

Keturunan PKI Boleh Daftar TNI, Ini Kebijakan Baru dari Panglima TNI

Keturunan PKI Boleh Daftar TNI, Ini Kebijakan Baru dari Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuat kebijakan baru di mana keturunan PKI boleh daftar TNI. Selain itu, ia juga menghapus sejumlah tes sebagai syarat penerimaan anggota TNI.

Kebijakan baru ini disampaikan langsung oleh Jenderal Andika saat rapat penerimaan prajurit TNI (Taruna Akademi TNI, Perwiea Prajurit Karir TNI, Bintara Prajurit Karir TNI dan Tamtama Prajurit Karir TNI) tahun 2022. Momen rapat tersebut pun diunggah di saluran YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

Lihat Juga: Profil Andika Perkasa yang Hari Ini Resmi Jadi Panglima TNI

Tes Renang Dihapus

Kebijakan baru dari Jenderal Andika yaitu meminta penghapusan tes renang dari seleksi penerimaan anggota TNI. Alasannya, pasti ada calon pendaftar yang sebelumnya belum pernah berenang karena mungkin tempat tinggalnya jauh dari fasilitas kolam renang.

Tes Akademik Dihapus

Tes akademik juga dihapus oleh Panglima TNI. Ia menyebut nilai akademik calon prajurit dapat dilihat dari nilai ijazah terakhir.

“Menurut saya, akademik ini, tes akademik ini sudah tinggal ambil saja IPK terus transkrip, karena bagi saya yang lebih penting, yaitu tadi ijazahnya saja, ijazah SMA, itu (nilai) akademik,” kata dia.

“Mereka nggak usah lagi tes akademik, itulah nilai akademik, ijazahnya tadi kalau ada ujian nasional, ya sudah itu lebih akurat lagi,” imbuhnya.

Keturunan PKI Boleh Daftar TNI

Selain itu, ia juga meminta agar keturunan PKI boleh daftar TNI. Ia menekankan harus terdapat dasar hukum yang kuat jika ingin melarang keturunan PKI gabung dengan TNI.

Dia pun meminta agar jajarannya segera menerapkan kebijakan baru tersebut. Jenderal Andika menegaskan kepada anak buahnya untuk secepatnya merevisi peraturan sesuai hasil rapat tersebut.

“Jadi yang saya suruh perbaiki, perbaiki, tidak usah ada paparan lagi karena sangat sedikit. Tapi setelah diperbaiki, itu yang berlaku,” tegas Andika.

Lihat Juga: 5 Hal Tentang Seragam Baru TNI AD Buatan Jenderal Andika Perkasa

Komentar DPR RI

Terkait kebijakan keturunan PKI boleh daftar TNI, Anggota Komisi 1 DPR Fraksi Gerindra, Fadli Zon, mengatakan tidak ada pelarangan keturunan PKI untuk bergabung dengan TNI asalkan setia kepada NKRI.

Sementara anggota Komisi I DPR Fraksi PKB, Taufiq R Abdullah, menuturkan dalam negara tidak ada dosa keturunan. Yang penting, menurut dia, yaitu pembinaan kepada mereka yang telah menjadi pajurit TNI supaya tak terpapar ideologi yang membahayakan persatuan dan kesatuan negara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top