News

Kiai Jombang Tolak Serahkan Anaknya ke Polisi, Ponpes Shiddiqiyyah Dikepung Polisi

Anak Kiai Jombang

Ratusan personel kepolisian berhasil mengepung tempat persembunyian Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42), anak kiai Jombang tersangka pencabulan. Meski sudah mengepung Pondok Pesantren (ponpes) Shiddiqiyyah yang berada di Desa Losari, Ploso, Jombang, namun tersangka tersebut belum ditemukan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menuturkan kini pihaknya tengah menyisir dan menggeledah sejumlah lokasi di dalam ponpes.

“Kami masih melakukan penggeledahan di beberapa gedung, karena di dalam luas sekali. Gedung, kamar-kamar kami periksa semua. Mudah-mudahan waktu dekat kami bisa menemukan DPO,” ujar Dirmanto, Kamis (7/7/2022).

“Masih dalam pencarian di dalam pondok,” imbuhnya.

Lihat Juga: Guru Pesantren Perkosa Santri hingga Melahirkan, Berikut Fakta-faktanya

Ia mengatakan, Polda Jatim sudah menangani kasus ini secara humanis cukup lama. Maka saat ini merupakan waktu untuk melakukan penangkapan paksa.

“Kami sudah ingatkan, masukan kepada keluarga dan pengacara, namun yang bersangkutan kukuh belum mau hadir di Polda. Bahkan kita sudah terbitkan DPO, hari ini kami lakukan upaya paksa,” jelasnya.

Anak Kiai Jombang Dijemput Paksa, Polisi Dapat Perlawanan

Ratusan polisi dari Polres Jombang dan Polda Jawa Timur beserta pasukan Brimob diterjunkan untuk mengepung Pondok Pesantren Shiddiqqiyah tempat Bechi bersembunyi.

Pasukan bersenjata lengkap dikabarkan mulai merangsek ke lokasi sekitar pukul 07.30 WIB dan 08.40 WIB. Akibatnya, jalan di sekitar ponpes yaitu Jalan Raya Ploso pun ditutup sementara.

Satu personel polisi juga dikabarkan terluka dalam upaya penjemputan paksa Bechi, anak kiai Jombang yang menjadi buron dalam kasus dugaan pencabulan, Kamis (7/7/2022).

Lihat Juga: Anak Kiai Jombang Pelaku Pencabulan Jadi DPO, Kiai Mukhtar: Fitnah Keluarga

Polisi dan simpatisan pun sempat terlibat bentrok. Para pengikut Bechi sempat menghalangi para petugas masuk ke dalam pesantren, namun pasukan akhirnya dapat mengendalikan massa.

Akibat bentrokan tersebut, sejumlah simpatisan Bechi ditangkap. Salah satunya diamankan karena diduga membawa senjata tajam.

KH Muhammad Mukhtar Mukthi, ayah tersangka juga meminta kepada kepolisian agar tidak menangkap anaknya. Kiai Jombang itu bahkan berjanji bakal menyerahkan sendiri sang anak ke polisi.

Sementara itu, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti meminta kepada sang kiai untuk menepati janjinya. Karena, upaya penangkapan sudah tidak kali ini saja dilakukan. Polisi juga sudah melakukan Langkah humanis, tetapi Bechi tidak kooperatif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen − 6 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top