News

KKP Beri Dua Kapal Pengawas Untuk NTT

kkp

Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Pengawasan DKP NTT Ganef menyatakan (17/5) bahwa Kementrian Kelautan dan Perikanan segera mengirimkan dua buah kapalnya untuk dapat membantu pengawasan wilayah perairan NTT dari illegal fishing maupun tindakan kejahatan lainnya.

Menurutnya, ada dua kapal yang dikirimkan untuk pengawasan wilayah tersebut yaitu kapal KM. Orka dan KM. Hiu.

Dirinya menerangkan Kapal KM. Orka sepanjang 67 meter milik KKP yang nantinya akan beroperasi di wilayah 573 termasuk NTT, terkait yang saat ini wilayah NTT merupakan target dari pencurian ikan. Sedangkan KM. Hiu yang nantinya akan diserahkan kepada DKP NTT untuk pengawasan wilayah tersebut.

Untuk operasional kapal tersebut akan dibagi menjadi dua, setengah dari KKP dan setengahnya dari DKP provinsi. Namun untuk sementara ini pada tahun 2016 semuanya akan diatur oleh pemerintah pusat.

Jadi dengan adanya kapal-kapal tersebut, pengawasan laut yang tidak hanya dilakukan oleh kapal-kapal perang TNI-AL, dua kapal tersebut dapat membantu pengawasan laut NTT.

Maxi Ndun selaku Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Kupang menanggapi rasa bersyukur karena pemerintah pusat mendengarkan permintaan sejumlah nelayan NTT.

Nelayan-nelayan NTT mengharapkan agar DKP menunjukan keseriusan dengan nelayan Kupang memberantas Illegal Fishing.

Karna hal tersebut berakibat pada pendapatan nelayan yang berkurang. DKP provinsi juga mengharapkan salah satu kapal tersebut menjadi milik provinsi tersebut guna untuk operasi bersama nelayan dalam mengatasi illegal fishing.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top